Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Kebiasaan yang Bisa Dilakukan Untuk Menjadi lebih Kreatif


Menjadi seorang yang kreatif bisa memberikan solusi yang sangat bagus dalam pekerjaan. Orang-orang yang kreatif memiliki pandangan yang kadang sangat unik dan bisa menjadi solusi positif dalam sebuah tim. Tidak mengherankan kalau orang-orang kreatif pun akan mempunyai kesuksesan besar dalam kehidupannya.

Orang-orang kreatif dunia pun mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang membuat mereka bisa meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Dan kalau mau, Anda pun bisa mengikuti kebiasaan-kebiasaan tersebut.

 

1. Menjadi ‘Orang Pagi Hari’

Suka bangun siang hari? Nampaknya Anda harus mulai terbiasa untuk bangun dan bekerja di pagi hari. Orang-orang yang bangun dan mulai bekerja di pagi hari akan bisa memperoleh kesuksesan lebih awal. Benjamin Franklin pun pernah mengatakan kalau bangun tidur lebih awal akan membuat seseorang menjadi lebih sehat, lebih makmur dan lebih bijaksana.

Tak hanya Benjamin Franklin, orang-orang kreatif seperti CEO Disney, Robert Iger. Iger pun pernah mengatakan kalau dirinya selalu bangun pada pagi hari, sekitar pukul 4.30 dan berusaha untuk menikmati kesunyiannya. Pagi hari, dianggapnya sebagai waktu yang tepat untuk mengisi ulang baterai dalam dirinya.

 lego-creative

2. Selalu Mencari Jawaban

Seorang yang kreatif juga tidak suka mengeluh. Ketimbang mengeluh karena sebuah masalah, mereka lebih memilih untuk berpikir dan bertindak untuk menangani permasalahan tersebut. Pun halnya dalam pekerjaan. Mencari jawaban dari sebuah masalah juga merupakan sifat dasar dari seorang yang kreatif. Tidak heran bahwa untuk mendapatkan sebuah jawaban, mereka kerap mengerahkan segala upayanya.

 

3. Bekerja secara efektif

Bagi sebagian orang, bekerja dengan jadwal mungkin terdengar kaku. Namun keberadaan jadwal, membuat kita bisa berpikir lebih fokus mengenai tujuan yang ingin dicapai. Menjadi orang kreatif pun menuntut dirinya untuk bisa melakukan rutinitasnya secara teratur. Jadi, sebuah anggapan yang salah kalau orang kreatif tidak bekerja dengan jadwal.

 

4. Banyak Berjalan Kaki

Orang-orang kreatif dunia juga mempunyai banyak kebiasaan yang sama, yakni banyak berjalan kaki. Para komposer dunia seperti Beethoven, Pyotr Ilyich Tchaikovsky, Eric Satie mempunyai kebiasaan yang satu ini.

Memang tidak ada bukti secara ilmiah bahwa jalan kaki bisa membuat pikiran lebih kreatif. Namun dibandingkan duduk-duduk saja, berjalan kaki paling tidak bisa membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, pada saat berjalan kaki, seseorang juga bisa berpikir lebih fokus, tidak terganggu oleh layar komputer, televisi dan lainnya.

 

5. Bisa Bekerja di Mana pun

Seorang yang kreatif bisa bekerja di manapun. Hal ini pun menunjukkan bagaimana menjadi kreatif bisa membuat Anda bersikap sangat fleksibel. Sebagai contoh adalah salah satu penulis novel ternama dunia, Agatha Christie. Sebagai sosok yang terkenal, tidak jarang dalam kalau kesehariannya dalam menulis selalu diganggu oleh orang-orang di sekitarnya.

Dia pun mempunyai solusinya, yakni dengan menulis di sebuah kertas kecil yang bisa disingkirkannya pada saat ada orang lain yang menganggu pekerjaannya. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukannya jika menulis dengan sebuah mesin ketik berukuran besar.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Michael Radwin]

 

Baca Juga: 

Pendiri Facebook Menjadi Raja Pesta

Cara Mendirikan Perusahaan Design

Tips Branding Dengan Mendengar

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook