Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

teknologi Tips

Kenapa Cara Marketing Online Anda Gagal Total


Sudah Melakukan Hampir Semua Hal Namun Tetap Saja Cara Marketing Online yang Anda Pakai Gagal Total?

Anda merasa sudah melakukan semua hal, dan menghabiskan banyak waktu agar marketing online Anda berhasil. Namun tidak. Cara marketing online Anda sama sekali tidak membuahkan hasil. Jangankan profit. Konten Anda seolah hilang begitu saja di tengah hiruk pikuk internet. Apa yang sebenarnya terjadi? Manakah yang salah? Proses kah, eksekusi, audiens, pasar, atau justru tim Anda? Cari tahu yuk dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

 

Apakah kampanye Anda diselenggarakan pada waktu yang tepat? Apakah konten yang Anda gunakan sudah relevan?

Jaman terus berkembang. Ia berputar dengan cepat di luar kendali. Tren yang kemarin Anda duga ngehit, mungkin sekarang sudah tidak relevan lagi. Maka, Anda harus bersikap sangat teliti. Ketika Anda menemukan tren yang cocok, segera terapkan dalam kampanye Anda, dan siapkan untuk memulainya. Jangan menunda-nunda untuk perencanaan yang terlalu lama.

 

Bagaimana eksekusi kampanye iklan Anda? Apakah sudah konsisten?

Ketika beriklan lintas media, seringkali kita merasa perlu menyesuaikan konten agar pas dengan media tempat kita beriklan. Misalnya, Anda membuat desain yang benar-benar berbeda untuk iklan banner website, billboard, koran, tv, dst. Semua media ini memang memiliki karakteristik yang beda. Namun bukan berarti Anda harus membuatnya benar-benar berbeda. Apabila Anda ingin membangkitkan antisipasi masyarakat, maka iklan Anda akan lebih sukses ketika Anda memiliki konten yang konsisten meski diterapkan lintas media.

 

Di antara sekian banyak channel di internet, apakah Anda sudah pakai yang paling tepat?

Kini, Anda punya banyak pilihan ketika berkampanye di internet. Apakah dengan video Youtube, kampanye buzzer di Twitter, foto Instagram, atau kontes di Facebook. Apabila Anda memilih semua channel ini, pastikan Anda tidak kehilangan kontrol terhadapnya. Memilih satu saja mungkin bisa lebih efektif ketika Anda kekurangan sumber daya untuk memegang kontrol terhadap kampanye marketing Anda. Lagipula, setiap channel ini memiliki demografi pengguna masing-masing. Anda cukup pilih satu yang paling pas dengan karakteristik sasaran audiens Anda.

interaksi-marketing

Bagaimana dengan interaksi dengan audiens? Apakah kampanye marketing Anda masih searah?

Dunia online memungkinkan interaksi. Kini, pemasaran tidak sebatas pemasaran tradisional seperti jaman dulu, yaitu menyebarkan informasi kemudian ditinggalkan begitu saja. Anda bisa mengumpulkan feedback secara langsung dari audiens untuk mengukur antusiasme mereka terhadap kampanye marketing Anda. Selain itu, ada alat-alat canggih seperti Google Analytic yang bisa Anda gunakan untuk mengukur tingkat keefektifan kampanye marketing Anda secara online. Jika Anda tidak tahu cara menggunakannya, maka Anda bisa mulai belajar sekarang juga.

 

Bagaimana dengan kompetitor Anda? Apa yang berhasil mereka lakukan? Apa yang gagal mereka lakukan? Kenapa?

Kompetitor bisa jadi bahan pelajaran yang berharga apabila Anda mau sedikit meluangkan waktu untuk mencermati gerak-gerik mereka. Apa yang berhasil mereka lakukan? Dan apa yang gagal mereka lakukan? Dengan penelitian terhadap kompetitor, Anda bisa meniru model yang sudah teruji, kemudian menerapkannya dalam kampanye marketing Anda.

 

Bagaimana dengan tim Anda? Apakah mereka sudah beroperasi secara maksimal?

Sebuah kampanye tidak akan berhasil tanpa kerja tim yang solid, yang dipimpin secara rapi oleh Anda sebagai komandan. Anda harus bisa mendelegasikan tugas. Setiap individu dalam tim harus berkontribusi sesuai dengan tugas yang mereka dapat dengan cara yang optimal. Sambil mengerjakan, mereka harus saling berinteraksi untuk memberikan saran dan pendapat mereka tentang kerja yang paling efisien.

 

Bagaimana dengan Anda sebagai pemimpin?

Ketika marketing Anda masih saja gagal, mungkin saatnya untuk memeriksa ego Anda, dan merenungkan pengalaman-pengalaman Anda terdahulu untuk mencari tahu apakah ada yang tidak Anda jalankan dengan optimal dari diri Anda. Akan tetapi, jangan menyalahkan diri Anda terlalu lama. Waktunya bangkit dan kembali berjuang.

Nah Sobat Studentpreneur, apakah Anda sudah menemukan kenapa cara marketing online Anda gagal total? Mari segera diperbaiki. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Conference]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnisnya Sejak Kelas 3 SMP

Jutawan Teknologi Sukses Ini Ternyata Mantan Remaja Kuper

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+