Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Kenapa Sangat Penting untuk Menambah Karyawan Wanita Anda


Menyunjung Kesetaraan Gender di Kantor Anda Akan Memberi Banyak Manfaat.

Emma Watson membangunkan milyaran pria di muka bumi untuk berpikir bahwa kesetaraan gender bukan cuma masalah yang dihadapi oleh wanita, melainkan juga masalah mereka. Melalui sebuah pidato 5 menit yang menggugah di atas podium PBB, mantan pemeran Hermione Granger ini berkata,

“… I want men to take up this mantle. So their daughters, sisters and mothers can be free from prejudice but also so that their sons have permission to be vulnerable and human too—“.

Artinya, dengan turut berpartisipasi dalam kesetaraan gender, pria memperjuangkan hak keluarga mereka. Dunia bisnis, selembut apapun kelihatannya, cukup timpang jika sudah menyangkut soal gender. Faktanya, lebih dari 95% CEO di daftar Fortune dihuni oleh pria. Kita sendiri, mungkin masih bersikap acuh tentang masalah kesetaraan gender di kantor kita.  Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apakah itu penting?

pegawai-wanita

Anda butuh bakat terbaik bagi bisnis Anda.

Studi tahun 2011 dari Catalyst menemukan bahwa perusahaan dengan jumlah direksi wanita yang lebih besar daripada perusahaan kompetisi mereka akan menghasilkan peningkatan Return on Sales (ROS) sebesar 16 persen dan Return on Invested Capital (ROIC) sebesar 26 persen. Terlepas dari masalah gender, Anda tentu butuh bakat-bakat terbaik bagi bisnis Anda.

 

Memperkecil pengeluaran Anda.

Penelitian sejumlah pakar human resource menemukan bahwa tingkat turnover karyawan berkaitan erat dengan persepsi positif mereka terhadap iklim keragaman organisasi. Pria maupun wanita akan meninggalkan perusahaan yang tidak fleksibel. Sebuah perusahaan yang mendorong keragaman gender akan meningkatkan persepsi terhadap organisasi, mengurangi angka karyawan keluar, sehingga mengurangi beban biaya dan waktu yang dihabiskan untuk memasang iklan lowongan kerja, wawancara, pelatihan, pesangon, dan lain sebagainya.

 

Meningkatkan performa bisnis Anda.

Studi selama tahun 2008 hingga 2010 oleh McKinsey&Company menunjukkan bahwa tim dengan keragaman terbesar menghasilkan ROE (Return of Equity) 53% lebih besar, dan EBIT (Earning Before Interest & Tax) 14% lebih tinggi daripada tim yang kurang beragam. Keragaman di sini berarti: variasi wanita dan Warga Negara Asing di jajaran eksekutif tingkat atas. Studi lain menjelaskan bahwa kaitan antara performa perusahaan dengan keragaman gender adalah karena keragaman membawa variasi perspektif yang berbeda, dan menghasilkan analisis yang lebih holistik tentang masalah-masalah yang dihadapi perusahaan, yang berujung pada pengambilan keputusan yang lebih baik.

Nah Sobat Studentpreneur, siap mendukung kesetaraan gender di kantor Anda? Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Audio]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Dari Buruh Kapal Kini Orang Terkaya Jepang

Dipaksa Orang Tua Jadi Pegawai, Anak Muda Ini Malah Sukses Sebagai Pebisnis

Sumber Modal Untuk Bisnis Kecil Anda

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+