Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Kini Anda Bisa Berbelanja di Twitter


“Inilah langkah awal Twitter untuk mengguncang dunia e-commerce.”

Twitter sepertinya benar-benar serius tertarik untuk terjun ke dalam dunia perdagangan. Setelah sempat beredar isu dan rumor mengenai e-commerce yang akan muncul di dalam Twitter, akhirnya hal itu menjadi kenyataan. Baru saja Twitter telah resmi meluncurkan tombol beli dimana para penggunanya bisa membeli barang yang dijual oleh akun toko dari tweetnya. Namun untuk sementara waktu layanan ini hanya dapat dinikmati oleh beberapa pengguna saja.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dalam setiap detiknya selalu terjadi berbagai percakapan antara penjual dan pembeli di Twitter. Hal inilah yang mendorong Twitter untuk serius menggarap proyek e-commerce ini. Sepertinya Twitter ingin segera membuat layanan ini bisa sukses karena pergerakan jumlah pertumbuhan pengguna barunya sudah mulai melambat.

twitter-commerce

Dalam pembuatan proyek kali ini, Twitter bekerjasama dengan beberapa startup yaitu Fancy, Gumroad, Music Today, dan Stripe yang bergerak di bidang pembayaran online. Secara teknis, disamping munculnya tombol beli, Twitter juga menampung informasi keuangan pengguna seperti kartu kredit. Tujuannya adalah supaya ketika pengguna ingin membeli barang yang dijual di tweet, transaksi bisa terjadi langsung saat itu juga tanpa perlu meninggalkan Twitter. Ongkos biaya barang akan langsung dikirim ke akun pembeli, yang dimana akan masuk ke dalam tagihan kartu kredit di akhir bulan atau awal bulan selanjutnya. Sedangkan bila pengguna menggunakan kartu debit, maka rekeningnya akan langsung didebit pada saat transaksi itu juga. Selain itu, sistem juga akan merekam data-data yang dibutuhkan untuk pembayaran sehingga untuk waktu-waktu selanjutnya pengguna lebih dimudahkan untuk bertransaksi.

Untuk fase pertama ini Twitter memilih bekerjasama dengan beberapa artis dan brand besar terlebih dahulu sebelum akhirnya dirilis untuk seluruh pengguna Twitter di seluruh dunia. Beberapa brand yang tergabung seperti Burberry, RED, Soundgarden, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk artis yang tergabung dalam peluncuran ini seperti Eminem, Pharrel Williams, Demi Lovato, dan Wiz Khalifa.

Tentunya langkah pembuatan tombol Beli ini merupakan salah satu langkah besar Twitter untuk mencoba peruntungan di dunia e-commerce. Mungkinkah jumlah transaksi yang bakal terjadi di dalam Twitter nantinya bisa setara atau bahkan menumbangkan website-website e-commerce besar lainnya di dunia? Bagaimana menurut sobat Studentpreneur sekalian? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Red]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Wanita Terkaya di Dunia

Berbincang Dengan Investor Muda Sukses Indonesia

Johnny Andrean: Putra Indonesia yang Sukses di Bisnis Salon, Roti, dan Donat

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+