Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Kini, Anda dapat membuat musik dari benda apapun


Ototo adalah sebuah penemuan perangkat mutakhir yang akan memberi Anda kebebasan untuk membuat instrumen musik dari media apa saja

Apakah Anda pernah memiliki keinginan membuat sebuah musik namun bingung instrumen apa saja yang bisa Anda mainkan untuk menghasilkan suara tersebut? Kini membuat suara instrumen musik menjadi lebih mudah. Dentaku, sebuah studio desain di Inggris telah menciptakan Ototo, sebuah perangkat yang dapat membuat media apapun menjadi instrumen musik. Dengan Ototo, Anda dapat mengubah perkakas, buah-buahan ataupun sayur-sayuran menjadi instrumen musik yang suaranya dapat Anda atur sesuai selera.

ototo

Pada awalnya Ototo diciptakan karena pihak Dentaku melihat bahwa ada sangat banyak orang yang ingin menciptakan cara-cara baru untuk berinteraksi dengan suara. Namun sayangnya kebanyakan orang mengalami kebuntuan di tengah jalan. Karena hal inilah Ototo diciptakan dengan harapan supaya dapat membantu banyak orang untuk lebih banyak berkreasi lagi menciptakan musik lebih mudah.

Ototo sebenarnya adalah sebuah papan kartu sirkuit elektronik yang berisi 12 input tombol sentuh capacitive, 4 input, speaker, tombol kontrol, light meter, slide control, dan dilengkapi dengan micro-usb. Layaknya Synthesiser, perangkat ini juga dapat menghasilkan bermacam-macam suara yang dapat diatur sedemikian rupa melalui control over pitch, loudness, dan texture. Perangkat ini ditenagai oleh 2 buah baterai AA. Suara yang dihasilkan selain dapat didengarkan melalui speaker onboard juga dapat didengarkan melalui headphone karena dilengkapi dengan Port Audio Output 3.5mm.

Untuk menghasilkan suara-suara tersebut, tidak dibutuhkan skill coding ataupun kemampuan komputer lainnya. Berkat teknologi yang dikenal sebagai ‘capacitive sensing’, Ototo dapat menghasilkan suara dari sentuhan-sentuhan yang didapat. Untuk memainkannya cukup dengan menekan tombol-tombol pada perangkat yang disusun layaknya Keyboard. Selain itu, Anda juga dapat mencoba membuat suara-suara lain dengan menyambungkan kabel-kabel sensor dari Ototo ke benda lain.

Ototo dibuat dengan perangkat Open Source. Dalam waktu dekat, Dentaku akan merilis kode Open Source Ototo publik sehingga masyarakat dapat mengembangkan sendiri perangkat inovatif tersebut. Pihak Dentaku sendiri berharap supaya masyarakat juga dapat menciptakan lebih banyak lagi jenis suara yang dihasilkan dari Ototo.

Saat ini Ototo sedang berusaha untuk mengumpulkan 50 ribu Poundsterling di KickStarter untuk membantu tahap pengembangan dan penyempurnaan prototype tersebut. Rencananya, bagi orang-orang yang membantu secara finansial akan mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang dibalik Ototo. Tertarik untuk membantu? Langsung saja kesini:

getinvolved-button

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Baca Juga:

Kisah Inspiratif, dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Sandiaga Uno, Dari Karyawan Astra Jadi Orang Terkaya ke 47 Indonesia

Bisnis Rumahan Yang Mungkin Cocok Untuk Anda

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+