Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Lakukan 3 Hal Berikut Jika Ingin Sukses Berbisnis Menggunakan Modal Sendiri


Membangun bisnis tidak harus selalu bergantung pada orang lain

 

Pada saat ingin memulai bisnis biasanya kebanyakan orang bingung tentang modal. Ada dua pilihan yang akan dihadapi ketika ingin memulai suatu bisnis, yaitu memulai bisnis dengan menggunakan modal sendiri atau menggunakan modal dari orang lain. Ketika kita memiliki modal yang cukup, usahakan untuk menggunakan modal pribadi. Jika kita tidak memiliki modal yang cukup, barulah mencoba untuk minta bantuan pada orang lain meski sebenarnya hal ini akan meningkatkan resiko pada bisnis yang akan dimulai. Namun tetap usahakan untuk menggunakan modal pribadi terlebih dahulu.

Untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis menggunakan  modal sendiri dibutuhkan strategi khusus. Berikut adalah 3 hal sederhana yang harus dilakukan ketika menggunakan modal sendiri sehingga bisnis dapat berjalan sukses.

 

smamda in action

 

Ketahui batas kemampuan diri sendiri

Entrepreneur dikenal sebagai orang yang tahu akan resiko dari setiap keputusan yang dia ambil, bukan orang yang suka bertaruh. Jadi sebelum memulai bisnis, cari tahu batas kemampuan maksimal yang bisa dilakukan. Mengetahui batas kemampuan akan membuat kita mengerti setiap resiko yang akan dihadapi.

 

Kerjakan pekerjaan berat di rumah sendiri

Jangan suka melakukan pekerjaan berat di luar rumah sendiri. Maksudnya adalah jangan terlalu sering menyerahkan pekerjaan berat yang sama kepada pihak luar. Contoh katakanlah untuk membuat sebuah katalog produk bulanan dibutuhkan foto produk. Jika menyerahkan pada orang luar dapat menghabiskan uang Rp 1.000.000,- setiap sesinya. Jika selanjutnya berencana untuk melakukan hal yang sama maka dalam setahun dapat menghabiskan hingga Rp 12.000.000,-. Coba bayangkan jika memilih membeli kamera sendiri seharga Rp 5.000.000,- maka dapat terlihat lebih hemat Rp 7.000.000,- yang dimana uang tersebut dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Jadi, jangan suka menghabiskan uang untuk orang lain.

 

Siapkan waktu untuk belajar hal baru

Sisihkan sebagian waktu untuk mempelajari hal baru. Mulailah dengan membuat rencana untuk mempelajari hal-hal baru di bidang yang akan dimasuki. Segeralah membuat kerangka dan catatlah topik-topik yang ingin dipelajari. Jangan lupa untuk membuat target yang ingin dicapai dengan mempelajari hal baru tersebut. Lalu jangan lupa untuk mempraktekannya. Percuma jika hanya mempelajari tanpa mencoba eksperimen karena hal tersebut akan membuat kita tidak dapat mengetahui hasilnya.

 

Apakah sudah cukup dengan melakukan 3 hal itu saja? Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus dilakukan apabila ingin lebih sukses. Namun lebih baik jika suatu hal yang rumit disederhanakan sehingga membuat kita lebih mudah untuk mengerti. Itulah 3 hal sederhana yang harus dilakukan jika ingin sukses berbisnis menggunakan modal sendiri. Bagaimana sudah siapkah Sobat Studentpreneur untuk memulai bisnisnya? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Berbincang Dengan Nicholas Kurniawan – Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013

Legenda Itu Telah Kembali, Bill Gates Kembali Aktif di Microsoft

Kunci Sukses Pebisnis Besar Dunia

 

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+