Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Lebih Sehat Lebih Produktif


Studi Ini Menunjukkan Bahwa Kesehatan di Kantor Anda Berbanding Lurus dengan Produktivitas

Mulai sekarang Anda harus memperhatikan pola kesehatan, termasuk makan, olahraga, dan tidur karyawan Anda. Sebab, memperhatikan kesehatan karyawan Anda rupanya bisa meningkatkan produktivitas mereka secara signifikan, demikian ungkap sebuah studi yang ditampilkan pada halaman Centers for Disease Control and Prevention (cdc.gov). Mereka menyebut bahwa secara umum, karyawan yang sehat akan jauh lebih produktif. Hal ini juga menyangkut tentang obesitas. Jadi, seperti apa penelitian tersebut dan apa yang dapat diterapkan dalam bisnis Anda?

 

Karyawan jadi cenderung untuk tidak mengambil cuti.

Ternyata kesehatan karyawan juga akan membawa pengaruh besar terhadap perilaku mereka terhadap keluarga mereka. Meningkatnya aktivitas fisik dengan keluarga dan kesadaran terhadap nutrisi makanan keluarga mereka akan membuat keluarga mereka jadi lebih sehat dan jarang sakit. Hal ini akan membuat karyawan Anda jadi lebih jarang mengambil cuti mereka untuk kemungkinan seperti merawat keluarga yang sakit.

main-bola

Memperhatikan kesehatan kerja akan membuat Anda jadi jauh lebih hemat.

Selain mengurangi jumlah karyawan absen, mengadakan program kesehatan di tempat kerja Anda juga dapat menekan biaya secara signifikan. Terutama jika diukur berdasarkan ketidakhadiran karyawan, yang memaksa Anda menjatah uang lembur untuk karyawan pengganti, atau justru biaya untuk melatih karyawan baru untuk menggantikan karyawan ahli Anda yang tidak dapat melanjutkan tugasnya. Mempertahankan seringkali lebih murah dibanding menggantikan. Apalagi jika Anda sudah banyak berinvestasi terhadap mereka-mereka yang jadi key person Anda.

 

Ternyata, obesitas juga berpengaruh pada absensi.

Karyawan dengan obesitas memiliki tingkat ketidakhadiran yang lebih tinggi karena sakit daripada karyawan dengan berat badan normal. Pria dengan berat badan normal rata-rata kehilangan 3,0 hari setiap tahun karena sakit atau cedera. Sedangkan pria dengan kelebihan berat badan (BMI 25-35), rata-rata melewatkan tambahan 2 hari kerja per tahun dibandingkan pria dengan berat badan normal. Wanita dengan berat normal rata-rata kehilangan 3,4 hari selama setahun. Sedangkan wanita dengan obesitas (BMI > 30) kehilangan 5,2 hari, dan wanita dengan BMI 40 atau lebih tinggi cenderung melewatkan 8,2 hari, hampir satu minggu pekerjaan tertunda setiap tahun

Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang ada beberapa perubahan mengenai kesehatan di kantor Anda. Misalnya senam pagi, jalan sehat, katering, hingga ruangan olahraga khusus untuk karyawan Anda. Toh nanti timbal baliknya untuk produktivitas bisnis Anda. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Rama]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kenapa Jokowi Layak Menjadi Seorang Presiden

Belajar Bisnis Dari Sosok Jokowi

Cinta Bos Lion Air Pernah Ditolak Karena Tidak Punya Sepatu

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+