Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Lima Kebocoran Kas yang Bisa Anda Tutup Sekarang Juga


Salah satu kebiasaan buruk bisnis baru adalah tidak disiplin dalam akuntansi.

Hidup hemat adalah salah satu ciri entrepreneur. Begitu pula dengan ketelitian. Sayangnya inilah yang seringkali terlewatkan. Ada lubang kecil-kecil yang sedikit demi sedikit mengikis aliran kas Anda. Berikut adalah tips mengatasi lima kebocoran kas yang bisa Anda blokir sekarang juga.

 

Jika Anda pakai kartu kredit.

Unduh laporan online dari kartu kredit Anda ke dalam spreadsheet. Anda dapat men-download langsung ke program seperti Quicken – atau sebagai CSV (comma separated values​​) file yang bisa dimuat ke sebagian besar program spreadsheet, seperti Excel. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan gambaran besar (selama satu bulan atau satu tahun) untuk memahami pengeluaran Anda dalam kategori seperti gas, restoran, atau pakaian. Mengetahui bagaimana Anda menghabiskan uang adalah awal untuk mengendalikan pengeluaran Anda.

 

Silang membership yang tidak Anda gunakan.

Anda pasti punya banyak hal yang Anda beli tapi tidak digunakan, misalnya langganan keanggotaan klub fitness (sekali dalam empat bulan), les piano pemula (kehilangan minat di tengah jalan), versi koran dari informasi yang Anda baca sekarang pada iPad Anda. Dengan menyilang mereka keluar dari anggaran Anda, kehidupan Anda akan lebih baik.

akuntansi-sederhana

Jangan menunda cicilan.

“Bayar diri Anda terlebih dahulu” adalah saran standar, yang berarti bahwa Anda harus menyimpan 10 sampai 15% dari gaji Anda. Hal ini paling mudah dilakukan jika Anda langsung melakukannya sebelum Anda pernah melihat uang. Misalnya dengan mengatur pembayaran otomatis ke rekening investasi, dan sejumlah cicilan penting lainnya seperti sewa kantor, cicilan mobil dan asuransi kesehatan.

 

Go digital.

Dunia digital menawarkan solusi yang hebat untuk komunikasi dan hiburan murah. Berkirim pesan, video chatting, hingga telepon sekarang dapat dilakukan melalui WiFi. Anda akan lebih hemat ketika menggunakan VOIP (voice over internet protocol) untuk berkomunikasi, dibanding dengan telepon seluler. Anda dapat mendaftar dengan Skype atau Vonage, misalnya. Selain itu TV kabel. Ketika sekarang sudah ada Showtime dan Netflix, apakah Anda masih memerlukan TV kabel untuk menonton acara TV kegemaran Anda?

 

Hentikan perilaku boros.

Buka lagi spreadsheet Anda. Identifikasi perilaku bermegah-megahan yang sebetulnya bukanlah suatu kebutuhan dan menguras uang, misalnya dinner di restoran-restoran mewah ketika Anda bisa memasak di rumah. Ingat, no pain, no gain. Sebagai entrepreneur, Anda harus mengubah perilaku boros menjadi perilaku rasional.

Sobat Studentpreneur, mana yang sudah Anda tutup saat ini? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Alexander]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jangan Takut Hutang!

Orang Terkaya ke-3 Dunia Dulunya Anak Seorang Buruh Miskin

10 Bisnis Aneh yang Membuat Beberapa Orang Menjadi Super Kaya

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+