Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Event

Liputan Event – Memulai Bisnis di Usia Muda? Kenapa Tidak!


Bekerjasama dengan Universitas Widya Kartika, lagi-lagi Majalah Studentpreneur berhasil memberikan sajian entrepreneurship yang menarik kepada anak muda di Surabaya. Kali ini saya sendiri sebagai Editor-In-Chief Majalah Studentpreneur turun langsung menjadi moderator dalam acara super seru yang mendatangkan pembicara ternama di bidang teknologi seperti Andy Zaky (Technopreneur dan Agate), Danton Prabawanto (Jagoan), serta Brian (Dhezign). Topik yang dibahas tidak jauh-jauh dari entrepreneurship, yaitu bagaimana memulai bisnis di usia muda.

entrepreneur-seminar

Diawali dengan presentasi menarik dari Andy Zaky mengenai pengenalan bisnis. Menurut beliau, sebenarnya bisnis itu sederhana. Dimulai dengan menciptakan inovasi berupa produk atau jasa yang sulit ditiru oleh orang lain, kemudian kita bisa langsung membuat model bisnis (business model canvas) yang berisi tentang strategi-strategi pengembangan usaha. Setelah mempunyai produk/jasa dan model bisnis, kita harus memastikan mempunyai kompetensi untuk bisa tetap bersaing serta networking orang-orang yang akan mendukung berjalannya usaha kita.

Berikutnya, Brian dari Dhezign menambahkan berbagai hal menarik tentang berbagi ide ke orang lain. Menurut Brian, kita harus membicarakan ide kita ke sebanyak mungkin orang untuk mendapatkan sebanyak mungkin feedback. Dari feedback-feedback yang ada tersebut, kita bisa terus berinovasi dan memperbaiki produk/jasa kita. Jangan lupakan bahwa bisnis ada untuk memecahkan masalah. Bisnis yang merupakan solusi dari permasalahan orang lain adalah bisnis yang bisa bertahan lama.

Acara menjadi semakin seru ketika Danton Prabawanto justru membuat sederhana semua teori bisnis yang ada. Secara singkat, beliau berpendapat bahwa bisnis dimulai dari memecahkan sebuah masalah yang ada, dengan resource atau sumber daya yang tepat, namun tidak lupa bisa memberikan keuntungan besar bagi penciptanya. Meskipun masih muda, Sobat Studentpreneur juga bisa menciptakan bisnis sendiri asal tidak melupakan prinsip-prinsip dasar yang sederhana tersebut.

Perdebatan sempat terjadi dalam sesi talkshow dan tanya jawab. Ada perbedaan pandangan dari 3 orang pembicara ini mengenai motivasi dalam berbisnis ketika mereka masih muda. Andy Zaky menekankan tentang pentingnya passion saat beliau pertamakali membuat bisnis. Bagi Andy, mengikuti passion dalam berbisnis akan memberikan semangat tambahan ketika bisnis tidak berjalan lancar. Setidaknya, kita tidak akan menyerah dengan cepat. Hal ini hampir sejalan dengan pendapat Brian bahwa dalam bisnis seharusnya kita mencari alasan lain selain uang. Apabila kita menekuni bisnis tersebut dengan baik, sebenarnya uang akan datang sendiri. Lain lagi dengan pandangan Danton Prabawanto. Sekali lagi beliau menekankan prinsip kesederhanaan dalam berbisnis. Kalau tidak bisa menghasilkan keuntungan yang cukup, untuk apa berbisnis? Jadi berbisnis apapun, harus menghasilkan profit.

Tapi Sobat Studentpreneur, meskipun berbeda pendapat dalam beberapa hal, ketiga pembicara event ini sepakat bahwa tidak ada salahnya dengan memulai usaha di usia yang sangat muda. Mereka bahkan menyarankan bagi Sobat Studentpreneur yang hadir langsung di acara tersebut untuk berani bertindak mengeksekusi idenya. Nah, bagaimana dengan Sobat Studentpreneur lainnya? Sudah siap menjadi seorang entrepreneur?

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+