Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Manajemen Dalam Hidup


Suatu hari ada teman saya yang bertanya begini, “Pernah nggak dalam menjalani hidup kamu merasa hidup ini jalan sekenanya saja, tanpa tujuan, tanpa semangat, dan membosankan?” Ya setiap orang pasti pernah merasakan apa yang dirasakan oleh teman saya, kadang sering kadang jarang-jarang, Menurut pakar Tung Desem Waringin, orang menganggap hidupnya bosan dan sekenanya saja itu dikarenakan orang tersebut tidak memiliki manajemen dalam hidup. Tung Desem pun menambahkan, “Orang yang tidak punya manajemen dalam hidupnya sulit untuk berkembang.”

khgt

Seperti contohnya pada saat kuliah dulu. Dimulai pertama kali masuk Ospek, ada sesi tentang manajemen kuliah selama tahun. Nah dari situ kita dapat belajar menentukan prioritas, pertama tujuan final kuliah kita apa, misal nih tujuan kuliah saya ingin buka pabrik sabun cair untuk batik (keinginan dilatar belakangi saya orang teknik kimia). So, saya memastikan jalan apa yang akan saya tempuh dari semester satu, hingga pembuatan penelitian, kerja praktek, dan tugas akhir semua itu harus berkesinambungan. Pada saat itu juga saya memilih judul sendiri untuk tugas akhir, tentang prarencana pabrik sabun cair untuk batik dapat terselesaikan dengan memuaskan.

Intinya disini adalah biasanya orang tidak pernah memikirkan tujuan dan asal dalam menjalani hidupnya sehingga manajemen dalam hidup hanya awang-awang atau tidak terarah. Hal ini membuat tujuan hidup kita menjadi abstrak. Tujuan hidup orang berbeda tergantung definisi hidup orang itu sendiri. Ada orang yag beranggapan kalau hidup itu penuh perjuangan, maka yang terjadi ya selamanya akan berjuang. Memang enak ya kalo hidup berjuang terus? Memangnya tidak pengen menikmati hidup? Nah memang tidak ada yang salah dalam hal ini, tetapi definisi hidup lebih menggambarkan untuk hari ini dan seterusnya.

Nah, kalau sudah menentukan tujuan dalam hidup dan mendefinisikannya maka hidup akan dijalani dengan mudah dan ada arahnya. Sekalipun down, coba ingat lagi tujuan hidup kita apa dan saya yakin kita mulai semangat lagi. Buat sistem manajemen yang baik dikemudian hari maka manajemen hidup kita juga akan baik juga.

Akhir kata, semoga artikel ini membuka wawasan kita membuka hati juga untuk mengatur segala segi kehidupan kita.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter