Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Tips

Mengapa Kebahagiaan Harus Jadi Model Bisnis Anda


Banyak Perusahaan Sukses yang Menjadikan Kebahagiaan Sebagai Model Bisnis Utama. Kenapa Anda Tidak?

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Laurence McCahill, pendiri Spook Studio, sebuah studio design terkenal, dan Happy Startup, inkubator bisnis di Inggris.* 

Ada generasi entrepreneur baru yang ingin mewujudkan mimpi mereka – mereka adalah orang yang menempatkan orang-orang dan kebahagiaan pada tempat pertama. Tapi apa yang luar biasa adalah bagaimana, dalam membuat pilihan ini, perusahaan-perusahaan ini menjadi sangat menguntungkan.

Tahun lalu ada gelombang besar dalam bisnis startup di Inggris. Kampanye Startup Inggris memperkirakan sejumlah 460.000 usaha didirikan pada 12 bulan terakhir. Dengan hanya 25% dari semua startups melanjutkan usaha setahun setelah mereka telah diluncurkan, pertanyaan pada bibir setiap pengusaha pemula adalah:

“Apa rahasia untuk membangun perusahaan yang sukses?”

Yah, kami percaya kami memiliki jawabannya … Zappos telah melakukannya. Southwest Airlines telah melakukannya, dan bisnis startup semakin banyak mengikuti.

 

Mereka membuat kebahagiaan menjadi model bisnis mereka.

Ya, Anda mendengar dengan benar.

Ada generasi entrepreneurship baru yang memilih kebahagiaan sebelum keuntungan. Tapi apa yang luar biasa adalah bagaimana, dalam membuat pilihan ini, perusahaan-perusahaan ini menjadi sangat menguntungkan. Dengan menempatkan kebahagiaan karyawan dan pelanggan pada posisi pertama, mereka telah membuat budaya kuat dan segi keuangan yang lebih bahagia.

Jadi jika Anda salah satu dari orang-orang yang masuk ke dunia kewirausahaan, maka Anda layak menghabiskan waktu untuk mendefinisikan apa yang akan membuat Anda bahagia karena hal ini akan memberikan startup Anda suatu fondasi yang lebih kokoh untuk dibangun. Pendiri yang bahagia adalah komponen penting pertama bagi startups yang bahagia.

tersenyum

Kebahagiaan dalam bisnis dimulai dengan gairah

Kita menghabiskan sebagian besar hidup kita di tempat kerja. Ini adalah bagian besar dari siapa kita, jadi penting bahwa bagaimanapun kita mencari nafkah, kita menikmati apa yang kita lakukan. Dengan menemukan dan mengikuti gairah Anda, Anda akan membantu memberikan hidup Anda arti sebenarnya. Jalan menuju bisnis yang menguntungkan dimulai dengan mengenali ke mana gairah Anda mengacu. Dan jangan hanya berpikir ‘apa yang harus saya nikmati?’, melainkan masalah apakah yang saya lihat untuk membuat saya bersemangat?’.

Ini penting untuk perkembangan startup Anda bahwa Anda tertarik pada masalah yang Anda coba pecahkan. Setelah Anda mencurahkan beberapa tahun hidup Anda, penting bahwa Anda memasuki apa yang Anda lakukan. Jika tidak, akan terlihat – dalam kemampuan Anda untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain, kualitas jasa atau produk Anda dan hubungan yang Anda bangun dengan pelanggan Anda.

 

Kebahagiaan dan efektivitas

Pikirkan bagaimana Anda bekerja ketika Anda tidak senang, ketika Anda merasa negatif, cemas atau stres. Apakah Anda kreatif? Terinspirasi? Termotivasi? Terlibat? Apakah produktivitas pada puncaknya?

Kemampuan kita untuk bekerja di waktu paling efektif berkurang ketika kita merasa stres atau di bawah tekanan. Kita tidak bisa membuat keputusan serius atau bekerja secara maksimal.

Sebaliknya, ketika Anda merasa senang, bagaimana Anda bekerja? Apakah Anda dibebankan, merasa kreatif dan positif tentang hasil? Lebih ulet dan gigih ketika kita mengalami kemunduran?

Otak kita menjadi lebih waspada, terbuka untuk ide-ide dan inovasi ketika kita senang, membiarkan kita untuk bekerja secara maksimal. Ini adalah resep untuk produktivitas yang datang lebih mudah untuk mereka dengan bisnis ide yang ada di sekitar.

“Jika karyawan diperlakukan dengan benar, mereka memperlakukan dunia luar dengan benar, dunia luar menggunakan produk perusahaan lagi, dan ini membuat pemegang saham senang.” Herb Kelleher, Southwest Airlines

 

karyawan senang = customers senang

Berbagai studi membuktikan bahwa tim bahagia menjadi lebih kreatif, produktif, dan efektif. Karyawan yang bahagia lebih baik untuk bekerja, mereka suka membuat pelanggan mereka bahagia, dan karena itu, mereka bekerja lebih keras untuk mencapai itu. Customers yang bahagia menghabiskan lebih banyak uang, lebih loyal kepada brand, dan memberitahu teman-teman dan keluarga mereka. Ini adalah rencana pemasaran itu sendiri. Selain itu, sebagai pendiri, bekerja dengan orang yang Anda suka pada bisnis yang Anda percaya, berarti setiap orang dapat bekerja sama menuju tujuan bersama yang bermakna.

 

Jadi, who’s on board the happy bus?

Berbagai bisnis (Moo.com, Zappos, Innocent Drinks, dll) memperlihatkan pergerakan individu yang ingin memulai usaha, pertama, sebagai pilihan gaya hidup, dan kedua, untuk menghasilkan uang. Pendiri startup ini memilih untuk melakukan sesuatu yang berbeda karena berbagai alasan, termasuk:

–        Menghabiskan lebih banyak waktu melakukan apa yang mereka sukai

–        Menghabiskan lebih banyak waktu dengan yang mereka cintai (keluarga, teman)

–        Fleksibilitas untuk membuat pilihan hidup yang lebih baik (sehingga mereka dapat membuat perbedaan di dunia)

–        Memecahkan masalah yang butuh diperbaiki

–        Kemampuan dalam memilih lingkungan mereka bekerja, dengan orang yang mereka sukai.

Bagaimana Anda bisa mengambil tindakan?

Mulailah dengan mengikuti 3-langkah untuk membuat kebahagiaan menjadi model bisnis Anda:

 

1) Artikan kesuksesan bagi Anda

Sebelum Anda memulai perjalanan kewirausahaan Anda, penting Anda pertimbangkan untuk apa Anda berada di sini. Bagaimanapun sukses terlihat, itu mungkin bukan di mana Anda berada sekarang. Benar-benar menghabiskan waktu untuk berpikir tentang apa tujuan akhir Anda. Cobalah untuk fokus pada kehidupan yang Anda inginkan dan perubahan yang Anda ingin buat, bukan angka yang Anda butuhkan (yang akan datang). Kebahagiaan harus menjadi titik awal bagi kesuksesan. Juga mempertimbangkan dampak, warisan, hubungan, dan wujud value adalah waktu.

“Bersenang-senang, berbuat baik, dan uang akan datang.” Richard Branson

 

2) Tentukan DNA startup Anda

Kami percaya Anda dapat meletakkan dasar kesuksesan dengan benar-benar mendefinisikan siapa diri Anda dan apa yang Anda perjuangkan – nilai-nilai Anda, gairah dan tujuan. Di The Happy Startup School, kami percaya semangat mengalahkan pengalaman kewirausahaan. Mendefinisikan gairah Anda adalah apa yang akan mendorong Anda untuk berhasil – jika Anda tidak bergairah tentang bisnis Anda, mengapa orang lain bisa? Semangat ini akan membantu Anda menentukan tujuan bisnis Anda.

Bila menyimpan ‘diri Anda yang sebenarnya’ untuk kebebasan hidup, maka Anda dapat hidup selama 7 hari di akhir pekan! Ini akan menciptakan lingkungan bahagia yang menular bagi orang-orang di sekitar Anda, dengan efek positif pada produktivitas dan keuntungan. Memiliki tujuan yang jelas akan membantu orang untuk mengetahui mengapa Anda ada, memberikan brand Anda ketahanan lebih, dan alasan perusahaan Anda ada. Ini juga akan membantu Anda membuat keputusan lebih cepat. Kami telah mengembangkan The Happy Startup Canvas untuk membantu Anda menentukan beberapa dasar bagi perusahaan Anda.

 

3) Uji ide dan bereksperimen dengan model bisnis yang berbeda

Berani pergi ke tempat yang tidak pernah dituju orang lain. Ada ratusan tantangan belum dipecahkan dan Anda memiliki kesempatan yang menarik untuk menciptakan bisnis di sekitar tujuan Anda. Ini hanya masalah menguji ide-ide yang berbeda dan menciptakan beberapa keberuntungan yang direncanakan’. Dengan mengeksplorasi model bisnis yang berbeda dan celah di sekitar kendala utama (gairah Anda, tujuan dan nilai-nilai), kami yakin Anda akan membuat keberuntungan Anda sendiri

Jika Anda telah membaca ini dan Anda adalah salah satu dari 460.000 startups yang berdiri di Inggris tahun lalu, ingat Anda telah berada di kursi pengemudi. Kendalikan hidup Anda dan berikan nama bisnis yang lebih baik. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leland]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis Cilik yang Dianggap Anak Ajaib di Bisnis Fashion Indonesia

Inspiratifnya Pendiri Aqua yang Dulu Dihina-hina dan Diremehkan

Cara Menjadi Kaya Ala Milliarder Luar Negeri (Graphical)

Laurence McCahill

Laurence McCahill adalah pendiri dari @happystartups & @spookstudio, studio design dan inkubator bisnis besar di Inggris. Beliau mempunyai misi membantu banyak orang menemukan kebahagiaan dalam berbisnis.

Twitter