Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Mengikuti Seminar Dapat Memperluas Jaringan Bisnis Anda


Banyak hal yang Anda dapatkan saat mengikuti sebuah seminar bisnis. Bahkan, dengan mengikuti seminar Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis.

Anda pasti sekarang ini banyak melihat seminar-seminar bisnis, mulai dari yang berbayar atau yang gratis. Banyak seminar bisnis yang mengincar para calon atau para pengusaha muda. Jika Anda tidak pintar-pintar melihat bagaimana seminar bisnis tersebut berjalan, maka Anda hanya mengeluarkan uang banyak dan tidak mendapatkan apa-apa. Sebenarnya seminar bisnis itu sangat menguntungkan dan bermanfaat, Anda harus mendengar secara langsung dari yang berpengalaman dan motivasi yang lebih untuk tetap terus semangat berbisnis. Tetapi yang paling menguntungkan dalam seminar bisnis adalah Anda dapat bertanya dari pembicara. Lalu, apa yang harus Anda lakukan sebelum ikut seminar bisnis?

 

Anda harus cari tahu siapa pembicaranya

Kebanyakan seminar bisnis yang dilihat adalah siapa pembicaranya. Banyak calon pebisnis yang ikut seminar-seminar hanya ingin bertemu dengan pembicara. Padahal Anda harus melihat bagaimana inti atau masalah yang akan dibicarakan oleh seminar tersebut. Ketika Anda sudah mengetahui siapa pembicaranya, jangan ragu untuk mencari tahu lewat google tentang pengalaman dan bisnis apa yang dia jalankan.

 

Lalu apakah harga yang ditawarkan memang cocok untuk Anda

Anda pasti melihat banyak seminar-seminar yang mahal-mahal, bahkan ada yang sampai puluhan juta rupiah. Itu tidak menjamin Anda keluar dari tempat seminar langsung bisa berbisnis. Anda harus benar-benar bisa melihat apakah harga dari seminar tersebut cocok dengan budget Anda dan ilmu yang didapat melalui seminar tersebut.

pentingnya-seminar

Cari tahu siapa penyelenggara seminar

Bayangkan Anda menghadiri seminar tetapi tempat yang sempit, ruangan tidak bagus dan konsumsi sedikit. Bahkan jadwal acara berantakan. Nah, inilah pentingnya kenapa Anda harus tahu siapa penyelenggara seminar tersebut. Anda bisa melihat jam terbang dari penyelenggara seminar atau event organizer tersebut. Jika memang benar-benar cocok, Anda bisa memutuskan ikut.

 

Jangan malu bertanya atau bahkan berdiskusi

Inilah yang harus Anda kejar, karena Anda tentu tidak bisa berlama-lama atau bertemu setiap saat dengan pembicara. Anda jangan segan-segan bertanya apa saja yang mengganjal dari seminar tersebut. Selain itu jangan sungkan untuk berdebat jika pertanyaan tidak sesuai.

 

Perluas network saat seminar

Kadang-kadang, peserta seminar adalah pengusaha yang sudah sukses. Ketika seminar atau sesudah seminar Anda bisa memanfaatkan untuk memperluas jaringan Anda dan kenalan Anda. Jangan sekali-sekali meremahkan jaringan, karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bahkan Anda akan bertemu dengan partner Anda didalam seminar tersebut.

 

Ikut komunitas didalam seminar

Selain menambah jaringan, Anda bisa mengikuti komunitas dari anggota seminar tersebut. Selain tetap menambah informasi dari seminar tersebut, Anda bisa menambah pengalaman dari komunitas. Usahakan jaringan Anda tidak putus ketika seminar telah usai, Anda bisa bertemu dan melakukan gathering setelah seminar tersebut selesai.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui tips trik ketika akan mengikut seminar. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar positif Anda dibawah ini. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Cydcor]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Studentpreneur Founder Story: Dari Cinta Jadi Bisnis Besar

Penerus Generasi Ketiga Justru Tinggalkan Teh Sosro Demi Passionnya

Sejak Usia 15 Tahun, Siswi SMA Ini Raup Jutaan Dari Bisnisnya

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+