Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Meningkatkan Loyalitas Karyawan Melalui Internal Branding


Beberapa perusahaan berkelas dunia berikut ini sukses menerapkan internal branding.

Sebuah studi menyampaikan bahwa sebuah brand yang sukses tidak hanya karena kualitas barang dan jasanya saja, tetapi juga bagaimana organisasi tersebut membangun tempat kerja yang menginspirasi karyawannya untuk bekerja lebih demi organisasi itu. Sebuah organisasi yang diidam-idamkan umumnya adalah organisasi yang menyatukan etika budaya kerja yang jelas dengan personalitas brand yang hidup di dalamnya. Beberapa organisasi atau perusahaan di bawah ini adalah contoh organisasi yang sukses membangun internal branding.

 

The Ritz Carlton Hotel

The Ritz Carlton Hotel terkenal menerapkan aturan bekerja bagi karyawannya dengan shift waktu yang panjang, hingga malam hari, bahkan pada hari besar. Namun, The Ritz Carlton Hotel tetap menjadi jujukan bagi banyak orang untuk bekerja. Contohnya saja Portman Ritz Carlton Hotel di Shanghai dimana dalam tiga tahun berturut-turut, dia dijuluki Best Employer in Asia oleh Hewitt Associates (konsultan Human Resources) dan memenangi banyak penghargaan lain perihal tersebut.

Dan selama lima tahun berturut-turut, tingkat kepuasan karyawan Portman Ritz Carlton di antara 59 cabang hotel Ritz Carlton di seluruh dunia berada di peringkat teratas. Bahkan, mencapai 98% tahun lalu. Di saat hotel lain kesulitan untuk mencari dan mempertahankan karyawan terbaiknya, Portman Ritz Carlton tidak demikian. Kunci kesuksesannya dalam mencari dan mempertahankan karyawannya adalah dengan pesan “Kami mempersiapkan karyawan kami untuk sukses” dan janji yang dipegang oleh karyawannya adalah “Dengan kepercayaan, kejujuran, penghargaan, integritas dan komitmen, kami membangun setiap karyawan untuk pengembangan pribadi dan perusahaan” Dan yang terutama para pimpinan Portman Ritz Carlton tidak hanya percaya pada janji itu tapi melakukannya setiap hari.

southwest-airlines

Southwest Airlines

Perusahaan ini berdiri 1971 dengan modal tiga pesawat jet dari Texas Airlines hingga sekarang menjadi salah satu dari lima penerbangan terbesar di AS. Organisasi ini percaya pelanggan berada di urutan nomor dua, dan karyawan yang bekerja di dalamnya menjadikan dirinya orang-orang yang menyenangkan. Kriteria penerimaan karyawan mereka pun unik, yang pertama dan terutama yang dicari dari calon karyawan mereka adalah mereka yang mempunyai karakter, humoris dan tidak menganggap diri mereka serius. Untuk eksternal, Southwest Airlines membedakan dirinya di pasar dengan harga yang kompetitif, proses yang inovatif, dan pengalaman terbang yang unik. Sedangkan untuk internal, ia juga menawarkan kepada karyawannya pengalaman kerja yang unik.

 

Semco

Semco adalah cerita tentang bagaimana Ricardo Semler, seseorang yang mewarisi perusahaan keluarga yang bergerak di bidang air conditioner (AC), yang melakukan perubahan setiap elemen dalam operasional perusahaan dari partisipasi karyawannya. Cara kepemimpinan Semler yang seperti itu telah menghasilkan peningkatan produktifitas, kesetiaan dan pertumbuhan yang sangat fenomenal pada karyawannya. Dia membangun keunikan tersebut dengan internal branding.

Dalam bukunya Maverick, Semler menjabarkan bagaimana dia mengubah perusahaan yang sukses menjadi perusahaan yang alami (natural business) dengan beberapa cara, antara lain memberikan karyawannya hak untuk menentukan jam kerja mereka, hak menaikkan jabatan dan mengevaluasi atasan mereka, dan menentukan cara berpakaian mereka.

 

Bagaimana Sobat Studentpreneur, kamu sudah tahu beberapa perusahaan yang menerapkan internal branding kan? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Kevin]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri BlackBerry Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Girls Power: Ken Iswari Buktikan Wanita Juga Bisa Sukses di Dunia Teknologi

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+