Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Modal Utama Menjadi Pengusaha


Pada saat kecil sering ditanya oleh Nenek seperti ini, “Dek, kalo dah besar mau jadi apa?”. Tiba-tiba Om saya yang bekerja di PLN menimpali seperti ini, “mau jadi pegawai PLN”. Sentak saya terdiam dan dalam batin berkata, aku pengen jadi juragan Nek.

Sepenggal cerita diatas mungkin juga sama apa yang disampaikan oleh kerabat, keluarga dekat anda, bahkan tetangga, atau siapa saja yang kenal dengan anda. Intinya adalah, “mau kerja dimana?” kalau dalam bahasa sekarang ini. Ya memang sih, dulu sebagian besar masyarakat Indonesia lebih tertarik untuk menjadi seorang karyawan di perusahaan besar dibandingkan terjun menekuni dunia bisnis. Tapi belakangan ini minat orang lebih terbuka dan melirik dunia bisnis sebagai salah satu alternatif untuk mendatangkan rejeki ke dalam hidupnya. Fenomena tersebut sangatlah memberikan sinyal positif untuk pertumbuhan pelaku usaha di Indonesia juga kemajuan perekonomian Indonesia yang merangkak naik.

investor21

Nah, bagi sobat studentpreneur yang ingin sekali memulai bisnis dan terjun untuk action. Berikut tips modal utama menjadi pengusaha.

  • Smile, please.

Smile… Yap, tersenyum merupakan salah satu modal utama untuk berbisnis. Tersenyum itu gratis kan, tidak perlu keluar biaya, dan tidak keluar tenaga. Senyum memiliki seribu makna, tapi yang paling penting senyum merupakan tanda ketulusan anda untuk melayani konsumen. Senyum juga dapat membangun kedekatan antara konsumen dengan anda, atau bisa juga sekedar mengucapkan senyum pada pelanggan yang datang merupakan ucapan “terimakasih” dari anda untuk mereka.

  • Don’t panic.

Jangan cepat panik. Kadangkala panik akan mengubah keadaan menjadi tambah runyam. Seorang pengusaha akan dikenal tahan banting apabila dapat mengatasi kepanikan dari dalam dirinya sendiri sebelum mengatasi kepanikan di luar dirinya. Artinya adalah panik memberikan luapan emosi yang tidak terkontrol sehingga segala keputusan yang diambil karena tergesa-gesa dan hanya terpaku untuk menyelesaikan masalah saat itu juga. Jadi, apabila anda panik cobalah untuk diam sejenak menjadi tenang dan runtut lagi semua permasalahan yang ada. Apabila emosi sudah stabil maka mulailah bekerja.

  • Be simple.

Buatlah bisnismu sesederhana mungkin. Agar sukses merintis bisnis, tidaklah perlu merancang bisnis plan serumit mungkin. Tapi cukup yang sederhana, sehingga dapat menarik hati konsumen dan para investor di luar sana. Apabila produk yang ditawarkan mudah dicerna oleh konsumen, maka semakin mudah pula mereka mempercayai kualitas bisnis anda. Dengan produk yang mudah dipahami dan mudah didapakan, maka semakin banyak pula keuntungan penjualan yang tercipta.

 

Nah Sobat Studentpreneur, sangat mudah bukan modal sebagai pengusaha? Apakah Anda sudah memilikinya?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter