Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Event

My Experience: CF Summit 2013


Either you are an educator, a student or a change-maker, you all have one common point – YOU CARE


Borut Pahor – Presiden Slovenia

Ini adalah cerita tentang pengalaman Saya yang luar biasa ketika mendapat kesempatan untuk menghadiri CF Summit 2013, diadakan di tiga kota di Slovenia (Maribor, Ljubljana, Bled) mulai tanggal 20-26 September 2013, dan dihadiri oleh 90 pemuda dari 35 negara di dunia.

CF Summit a.k.a Challenge: Future adalah sebuah global think-DO-tank yang mengajak kita tidak hanya berpikir inovatif untuk masa depan melainkan juga membut dampak mulai dari sekarang Melalui berbagai macam aktifitas CF mengajak pemuda usia 18-30 tahun untuk membuat perubahan positif. Saya sebenarnya tidak pandai bercerita, tapi akan Saya coba membagi pengalaman luar biasa ini dengan Sobat Studentpreneur semuanya.

 

Winnie at sloven

Winnie Tjahjana (paling kanan) bersama delegasi Negara lain 

 

20 September 2013, Selamat datang di Maribor

Rasa lelah dari  perjalanan panjang selama 22 jam dari Indonesia ke Slovenia akhirnya terbayar juga setelah Saya duduk di satu meja bersama para peserta CF Summit 2013. Semua peserta yang ada di sini adalah hasil seleksi ketat dari 35.175 pemuda anggota Challenge Future dari 247 negara. Kata-kata pembuka oleh Andreja Kodrin, presiden dan founder Chalenge Future ini cukup menarik. Tidak ada kata mereka, hanya ada kita. Hari pertama diisi dengan berbagai kesempatan untuk berkenalan. Tidak hanya berkenalan dengan teman baru dari berbagai negara, melainkan juga mengenal diri sendiri.

 

Winnie at sloven 2

Bergandengan tangan, menyimbolkan bersatu untuk maju bersama

From Sustain to Thrive

Topik dari sesi pertama adalah sustainability, kemampuan untuk tetap bertahan. Dr Nadya Zhexembayeva, Wakil Presiden C:F dan Coca Cola Chair of Sustainable Development di IEDC, Kazakhstan, USA dan Slovenia, menceritakan bagaimana beliau bosan dengan konsep sustainability yang umum saat ini sehingga merasa perlu untuk mendefinisikan ulang konsep tersebut dan menamainya Overfished Ocean Strategy. Violeta Bulc, Wakil presiden Challenge future dan founder InCo Movement Slovenia, mengajak kita untuk lebih memahami Involution,  suatu kesempatan dimana kita diajak untuk kembali ke diri kita yang paling dalam.

Ada juga Lai Hock, founder dari “Ground Up” Initiative Singapore mebagikan pengalaman pribadinya tentang bagaimana ia memulai projeknya dan mengambil sebuah keputusan di masa lalu untuk melakukan backpacking selama 4 tahun. Selama tahun-tahun itu dia terus mempertanyakan Siapa saya? Apa yang saya lakukan?  Apakah arti sebenarnya dari menjadi dirimu sendiri? Lai Hock mengajak kita untuk memikirkan hal ini, Di  abad ke 21 dimana semua hal berjalan begitu cepat dan seringkali terasa begitu kacau, kita diajak untuk merenungkan apa artinya menjadi diri sendiri, untuk kembali menjadi dirimu yang sebenarnya.

Acara hari pertama ditutup oleh makan malam dimana Siddarth Rajgopalan membacakan pidato Presiden Slovenia, Borut Pahor. Sang Presiden menekankan bahwa “Either you are an educator, a student or a change-maker, you all have one common point – YOU CARE
“. Kepedulian terhadap kemajuan entrepreneurship di kota Malang (kota kelahiran Saya) yang membawa Saya ke Slovenia. Kepedulian teman-teman CF Summit di negara masing-masing juga yang membawa mereka kesini. Kami semua berkumpul di sini karena kami peduli, terhadap perubahan, dan terhadap masa depan dunia.

Winnie at sloven 3

Kalau Sobat Studentpreneur ingin detail lengkapnya, follow twitter @winnietjahjana dan instagram @winnietjahjana terus search hastag #cfsummit. Saya juga akan mengupdate artikel selanjutnya setibanya Saya di Indonesia

Note from Editor: Winnie Tjahjana ini adalah salah satu anggota komunitas Studentpreneur. Idenya untuk memajukan entrepreneurship kota Malang akhirnya berhasil menjadi juara 3 dalam CF Summit 2013 kali ini. Congratulations!

Winnie Tjahjana

Winnie Tjahjana adalah graphic designer di Malang, dosen Universitas Machung, dan juga anggota komunitas Studentpreneur

Facebook Twitter