Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Tips

Pelajaran dalam Berbisnis dari Para Miliuner Dunia


Dalam memulai sebuah bisnis, kira-kira apa yang menjadi pikiran pertama Anda? Apakah itu modal? Jaringan yang Anda miliki? Atau mungkin garis keluarga? Jika pertanyaan ini ditujukan kepada para miliuner dunia seperti Donald Trump, Jack Ma dan Chris Gardner, maka ketiga hal tersebut bukanlah menjadi yang utama.

 

Donald Trump

Dalam bukunya yang berjudul Think Big: Make It Happen in Business and Life, Trump mengatakan kalau dirinya pernah mengalami masa sulit, yakni pada tahun 1990an. Bahkan saat itu, Trump pun mengaku kalau dirinya sendiri pun punya kesulitan untuk mempercayai apa yang menjadi mimpinya.

the-donald

Namun terdapat satu hal yang terus membuat dia berhasil mengatasi permasalahan tersebut. Mencapai kesuksesan tidak dapat diraih dengan cara yang mudah. Berdasarkan pengalamannya, Trump percaya bahwa terdapat dua hal yang membuat seorang pebisnis bisa sukses. Dua hal tersebut adalah tetap fokus dan kerja keras. Bahkan dia pun mengatakan kalau dua hal tersebut tetap harus dimiliki meski pada saat kesuksesan sudah berada di genggaman tangan.

 

Jack Ma

Dalam berbisnis, Jack Ma yang dikenal sebagai founder Alibaba Group selalu mempunyai pandangan yang berbeda dengan sekelilingnya. Terlebih ketika menyetujui sebuah proposal. Ma mengatakan, kalau 90 persen orang-orang di sekelilingnya beranggapan bahwa proposal tersebut bagus, maka bisa dipastikan dia akan menolaknya.

Alasan penolakan tersebut pun sangat sederhana. Jika banyak orang yang berpikir kalau kesempatan berbisnis yang tertulis dalam proposal itu bagus, maka artinya akan banyak orang yang telah mengerjakannya. Menurut Ma, sebuah kesempatan yang tidak bisa dilihat oleh orang lain adalah sebuah kesempatan sejati.

 

Chris Gardner

Tahu dong tentang film The Pursuit of Happyness (happyness memang sengaja ditulis dengan ejaan yang salah) yang tokoh utamanya diperankan oleh Will Smith? Di film tersebut diceritakan bagaimana seorang Chris Gardner harus menghabiskan malam hari bersama dengan anaknya yang berusia 2 tahun di dalam kamar mandi stasiun kereta bawah tanah.

Dengan kondisi yang seperti itu, tentunya Anda bisa membayangkan bagaimana kerasnya kondisi yang harus dijalani seorang Gardner. Namun dia berhasil menjalani bahkan kini menjadi miliuner di Amerika Serikat dengan mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Gardner Rich & Co. Kisah sukses Gardner pun kini menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Lalu, apa yang menjadi motivasi utama seorang Gardner sehingga bisa menjalani semua itu? Dalam sebuah wawancara, Gardner memberikan saran terbaiknya sehingga mampu bertahan. Seorang Gardner pun terkenal dengan kutipan,” Find something you love to do so much,you can’t wait for the sun to rise to do it all over again“.

Dalam kasus Gardner, yang sangat dicintainya adalah anaknya. Dia pun rela bangun pagi, tidur di kamar mandi stasiun kereta bawah tanah dan berlari-lari mengejar waktu untuk bertemu dengan klien. Semua hal tersebut dilakukannya demi anaknya. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Berbincang Dengan Nicholas Kurniawan – Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013

Legenda Itu Telah Kembali, Bill Gates Kembali Aktif di Microsoft

Kunci Sukses Pebisnis Besar Dunia

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook