Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Peluang bisnis lebaran yang tidak boleh kamu lewatkan


Sebagai seorang entrepreneur tentunya kamu harus pandai-pandai melihat peluang bisnis termasuk pada momen lebaran. Mengingat bahwa mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan merayakan Idul Fitri, maka ada banyak peluang bisnis lebaran yang tidak boleh kamu lewatkan. Bisnis atau usaha yang ditekuni saat lebaran bisa jadi mendatangkan banyak keuntungan dan dapat dilanjutkan sebagai usaha yang menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penasaran seperti apa saja peluang bisnis lebaran yang bisa kamu jalankan? Yuk cari tahu sama-sama!

 

Busana Muslim

Tradisi yang telah menempel secara turun temurun di masyarakat Indonesia bahwa ketika lebaran datang maka mereka akan menggunakan busana muslim terbaik dan baru untuk pergi ke masjid melaksanakan sholat ied. Tak jarang pula beberapa orang menyiapkan beberapa busana muslim baru untuk dipakai berkunjung ke rumah saudara. Nah, hal ini juga merupakan bisnis lebaran yang tidak boleh kamu lewatkan. Carilah referensi tren busana muslim terbaru agar barang yang kamu jual tidak ketinggalan zaman dan memiliki daya jual tinggi di pasaran.

 

Aneka Kue Kering

Lebaran identik dengan sajian berupa ragam kue kering yang disuguhkan di dalam stoples cantik di atas meja sebagai jamuan untuk saudara, tetangga, maupun kerabat yang datang berkunjung ke rumah. Jika kamu memiliki hobi mencoba resep-resep kue kering dan mampu menghasilkan kue kering dengan rasa dan kualitas yang baik, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis kue kering. Baik kastengel, nastar, lidah kucing, dan aneka kue kering lainnya dapat kamu jual melalui pemasaran dari mulut ke mulut maupun dengan memanfaatkan media sosial. Jangan lupa untuk mengemas aneka kue kering tadi ke dalam stoples cantik sehingga lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.

 

Persewaan Kendaraan

Peluang bisnis lebaran lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah persewaan kendaraan baik berupa mobil keluarga maupun minibus. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak masyarakat yang melakukan mudik saat lebaran tiba, bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi tentu memilih transportasi umum untuk digunakan mudik. Namun, keterbatasan jumlah kursi dapat menjadi peluang tersendiri bagi kamu yang memiliki modal cukup banyak untuk membuka persewaan kendaraan. Biasanya persewaan kendaraan menyediakan dua pilihan yaitu dengan supir atau tanpa supir. Kedua pilihan tersebut tentunya memiliki persyaratan yang berbeda dan tarif yang berbeda pula.

 

Penitipan Binatang Peliharaan

Kamu pecinta binatang? Mengapa tidak mencoba peluang bisnis berupa jasa penitipan binatang peliharaan selama lebaran? Pemudik tidak mungkin meninggalkan binatang peliharaannya sendiri di rumah karena hal tersebut jelas membahayakan keselamatan binatang kesayangannya tersebut. Kamu bisa menggunakan keterampilanmu untuk merawat binatang-binatang peliharaan tersebut, bukan?

 

Penyedia Jasa Asisten Rumah Tangga Musiman

pembantu-lebaran

Peluang bisnis yang jarang dilirik oleh kebanyakan orang adalah menyediakan jasa asisten rumah tangga yang bersifat musiman, yaitu hanya digunakan ketikan sebuah keluarga ditinggalkan mudik oleh asisten rumah tangganya. Jasa ini tentu akan sangat membantu keluarga yang membutuhkan tenaga lebih untuk mengatur rumah, menjaga kebersihan rumah, ataupun mengasuh bayi dan anak-anak mereka. Tarif asisten rumah tangga musiman ini umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan asisten rumah tangga reguler, sebab ia hanya bekerja saat lebaran, momen dimana beberapa orang lain memilih cuti agar bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

 

Peluang bisnis lebaran mana yang akan menjadi pilihanmu? Jangan ragu untuk menjadi seorang entrepreneur muda yang sukses. Yuk mulai bisnismu sekarang juga!