Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Pemuda Ini Kumpulkan Puluhan Milliar Rupiah Dari KickStarter


Sebuah produk inovatif The Micro, printer 3D untuk manusia normal pertama berhasil menghebohkan dunia teknologi. Meskipun pada awalnya mereka hanya ingin mengumpulkan 50 Ribu Dollar dari KickStarter. Ternyata, respon masyarakat teknologi sangat gila. Target 50 Ribu Dollar mereka tercapai hanya dalam waktu 11 menit kampanye diluncurkan di KickStarter. Sampai tulisan ini dimuat mereka telah berhasil mengumpulkan 1,9 Juta Dollar, atau sekitar 19 Milliar Rupiah, hanya dalam 3 hari peluncurannya. The Micro yang diciptakan oleh anak muda bernama Michael Armani dan David Jones berhasil merebut hati masyarakat karena betapa mudahnya The Micro digunakan, dan yang paling penting, betapa “mikro” nya printer 3D mereka.

Sebelum printer 3D The Micro diluncurkan, kebanyakan printer 3D hanya untuk industri, berukuran besar dan berharga sangat mahal. Michael Armani berhasil menciptakan printer 3D yang berukuran sama dengan printer normal Anda, atau seukuran dengan kucing Anda. Dalam kampanyenya di KickStarter, Michael Armani memposting foto The Micro disandingkan dengan kucing, hanya untuk membuktikan betapa kecilnya printer ini. Dengan ukuran sekecil itu, The Micro membawa industri printing 3D ke rumah tangga normal. Hebatnya lagi, harga yang diperlukan untuk mendapatkan The Micro dimulai dari angka 199 Dollar ketika harga pasaran printer 3D di angka 600-1000an Dollar. Karena respon yang luar biasa, penjualan di angka 199 dan 249 Dollar sudah ludes. The Micro kini dijual di angka $299 di KickStarter dan $599 bagi yang sudah kehabisan promosi tersebut.

the-micro

Berat The Micro hanya 1 kilogram, artinya bisa Anda bawa kemana-mana dengan mudah. Dalam videonya, Michael Armani dan David Jones menunjukkan betapa mudah penggunaan The Micro untuk membuat sendiri mainan untuk anak Anda, menciptakan model untuk pelajaran, bahkan untuk membuat cetakan kue! The Micro ingin menempatkan diri sebagai printer 3D-nya manusia normal. Kevin Rose, pendiri Digg yang kini bekerja untuk Google Ventures, termasuk salah satu orang yang membeli versi awal The Micro. Kalau Kevin Rose saja tertarik, maka ada peluang Google Ventures akan menanamkan modal di The Micro suatu saat nanti. Ini dia tweet dari Kevin Rose:

kevin-rose

The Micro sendiri berpeluang untuk memecahkan rekor Pebble, jam tangan smartwatch yang memulai dari KickStarter dan berhasil mengumpulkan 10 Juta Dollar atau 100 Milliar Rupiah. Waktu itu, keberhasilan Pebble di KickStarter membuat perusahaan besar seperti Samsung dan Apple menjadi melirik pasar smartwatch. Dengan keberhasilannya di KickStarter, The Micro ada peluang akan menjadi target pemain besar di industri printer 3D. Bisakah dua anak muda ini menghadapi raksasa industri printer dan menciptakan printer 3D yang benar-benar bisa dipakai manusia normal? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Tiga Cara Menemukan Ide Bisnis yang Bermanfaat

7 Keuntungan menjadi Entrepreneur

Facebook Beli Perusahaan Anak Umur 21 Tahun Seharga 20 Trilliun

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+