Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Pengertian Waralaba dan Keuntungannya Untuk Anda


Banyak Sekali Penawaran Untuk Membuka Bisnis Waralaba. Sebenarnya, Apa Pengertian Waralaba dan Keuntungannya Untuk Anda?

Kalau Anda ingin memulai usaha, tetapi bingung ingin mulai dari mana. Mungkin Anda bisa mencoba berbisnis waralaba atau franchishing. Lalu apa sebenarnya pengertian waralaba dan keunggulan waralaba dibandingkan dengan membangun merk sendiri?

 

Anda bisa duplikasi bisnis orang lain

Beberapa pemula yang ingin berbisnis, pasti bingung ingin memulai bisnis dari mana. Jika Anda mempunyai uang yang lebih, tetapi tidak ada ide, Anda bisa memulai bisnis waralaba. Pengertian waralaba adalah hak untuk menjual produk atau jasa maupun layanan. Jadi Anda tidak perlu susah-susah  untuk menjalankan bisnis dari awal dan tidak perlu jatuh bangun dalam memulai bisnis ini.

pengertian-franchise

Bisnis Anda bisa cepat buka

Ketika Anda memutuskan untuk membeli waralaba, prosesnya tidak akan rumit seperti yang Anda bayangkan. Apalagi jika Anda ingin membeli waralaba yang hanya butuh tempat kecil, bahkan beberapa waralaba juga menawarkan tempat untuk membuka outlet. Proses ini bisa lebih cepat dibandingkan Anda yang ingin membuka bisnis sendiri karena harus sewa tempat atau kontrak.

 

Sudah ada sistem, Anda tinggal menjalankan

Ketika Anda memulai suatu bisnis, Anda pasti harus membuat suatu sistem, entah itu sistem penjualan atau sistem keuangan bisnis Anda. Tetapi jika Anda membeli waralaba, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan sistem apa yang ingin dibuat. Sang pemilik waralaba biasanya sudah mempunyai sistem yang tinggal Anda terapkan. Jadi Anda tinggal menjalankan sesuai petunjuk dan aturan yang diberikan.

 

Karyawan akan diberi pelatihan

Anda tidak perlu repot-repot belajar sana-sani tentang waralaba yang sudah Anda beli, karena pihak pemilik waralaba akan memberi pelatihan untuk Anda. Ketika Anda memutuskan membeli waralaba, Anda akan diberi pelatihan tentang bagaimana menjalankan waralaba tersebut. Ketika bisnis dibuka, Anda tinggal mengikuti sistem dan bisnis akan segera jalan.

 

Bisnis Anda langsung terkenal pada waktu pertama kali buka

Bayangkan kalau Anda membuka bisnis sendiri, dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun suatu brand. Tetapi jika Anda membeli bisnis waralaba, Anda tidak perlu susah-susah untuk membangun brand tersebut. Waralaba yang sudah memiliki nama besar akan berpengaruh juga dengan waralaba yang Anda beli.

 

Resiko lebih kecil dibandingkan bisnis lain

Tidak bisa dipungkiri, jika Anda membuka suatu bisnis pasti mempunyai resiko yang harus dihadapi. Mulai dari penjualan, pengaturan keuangan sampai manage karyawan. Pada bisnis waralaba, resiko yang Anda hadapi akan relatif lebih kecil dibandingkan membuka usaha sendiri. Seperti pengertian waralaba yang dijelaskan diatas, Anda bisa mengadopsi bisnis orang yang lebih sukses sebelumnya.

 

Bisa untuk berlatih dalam berusaha

Membuka bisnis waralaba memang tidak sepenuhnya instan, Anda juga harus bersabar untuk mendapatkan keuntungan dan tentunya melakukan promosi. Dalam bisnis waralaba ini, Anda bisa belajar membuka dalam membuka suatu usaha. Bagaimanapun sistem dalam waralaba sudah berjalan dengan bagus, Anda tinggal mengadopsi sistem tersebut ketika Anda ingin membuka usaha sendiri. Siapa tahu Anda mempunyai angan untuk membuka bisnis waralaba sendiri.

Nah Sobat Studentpreneur sudah mengerti kan tentang pengertian waralaba beserta keuntungannya? Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Keoni]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini Waktunya Anda Keluar Dari Pekerjaan

Omzet Pebisnis 20 Tahun Ini Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Informasi: Inilah Kenapa Yahoo! Menutup Kantornya di Indonesia

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+