Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Pengusaha 100 Kali Lipat Lebih Enak Dari PNS


Revolusi Mental Dari Jokowi Membuat PNS Bukan Lagi Pekerjaan Idaman. Untuk Anda yang PNS atau Bercita-cita Menjadi PNS, Ayo Bandingkan Enaknya Menjadi Pengusaha Dengan Menjadi PNS Disini!

Kalau Anda pada waktu kuliah, mungkin sering diberi wejangan atau nasehat dari orang tua untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS saja. Nasehat orang tua ada benarnya, karena PNS mempunyai gaji yang tetap dan tidak mungkin telat dibayarkan, memiliki tunjangan masa pensiun, mengabdi kepada masyarakat, tidak ada ancaman PHK atau dipecat dan beberapa keuntungan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-satu.

Tetapi kini berbagai keuntungan tersebut sudah berubah. Semenjak Jokowi menjadi Presiden, beliau menerapkan revolusi mental terhadap semua jajarannya, termasuk PNS. Berbagai insentif yang dulunya dinikmati PNS kini dikurangi. Bahkan demi efisiensi sekarang ada pertimbangan untuk tidak menerima PNS baru hingga 5 tahun kedepan. Atas dasar itu, bagi Anda yang sekarang PNS, atau bercinta-cita menjadi PNS, tim Studentpreneur ingin Anda melihat apa keuntungan jika Anda menjadi pengusaha dibandingkan menjadi PNS.

 

Menjadi direktur

Anda mungkin akan kesulitan menjadi direktur atau posisi yang tinggi jika menjadi PNS. Tetapi jika Anda menjadi pengusaha, Anda akan bisa membangun usaha Anda sendiri dan Anda bisa menjadi direktur usaha tersebut. Anda bisa merekrut karyawan, membuat kebijakan karyawan dan tentunya menggaji karyawan. Tidak hanya itu, Anda bisa memegang kendali penuh atas bisnis atau usaha Anda. Tidak ada lagi birokrasi rumit yang harus Anda patuhi.

enaknya-jadi-pengusaha

Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain

Apabila bisnis Anda sudah mulai berkembang. Anda bisa membuka lapangan kerja bagi siapa aja. Karyawan yang Anda kerjakan selain membantu mengembangkan usaha Anda, ini juga dapat menciptakan peluang karir untuk orang lain. Secara tidak langsung, Anda juga membantu perekonomian Indonesia.

 

Memiliki pendapatan sendiri

Membuka usaha atau bisnis sendiri tentunya bisa membantu Anda memiliki pendapatan sendiri. Kalau Anda masih sekolah atau kuliah, Anda dapat membantu orang tua dalam mengeluarkan uang jajan untuk Anda. Jika Anda sudah berkeluarga, mempunyai pendapatan sendiri dari usaha yang bisa semakin naik jika usaha Anda sukses, tentu membantu keuangan keluarga.

 

Networking makin luas

Menjadi pengusaha atau wirausaha sangat menguntungkan Anda, karena Anda bisa bertemu dengan orang banyak. Ini membantu menambah relasi dan networking Anda. Selain menambah relasi, networking juga membantu membangun bisnis Anda. Semakin banyak relasi yang didapat dapat membangun usaha Anda semakin sukses. Ketika menjadi PNS, networking yang luas justru berbahaya, karena bisa dianggap potensi korupsi oleh KPK.

 

Waktu untuk keluarga semakin banyak

Ini adalah yang paling penting sebenarnya. Banyak orang-orang yang resign dari pekerjaannya karena terlalu sibuk menjadi PNS atau menjadi karyawan. Karena tidak punya waktu untuk keluarga atau terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Jika menjadi wirausaha, Anda tidak pelru repot-repot datang kekantor pagi-pagi, selain itu tidak perlu lembur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Anda dapat mempunyai waktu lebih banyak dan jika Anda sudah berkeluarga Anda dapat mengawasai anak Anda lebih sering.

 

Hobi tersalurkan

Umumnya, orang yang berwirausaha berawal dari hobi, khususnya wanita. Misalnya hobi model, hobi memasak atau bahkan hobi memotret. Ketika usaha berjalan seksama dengan hobi, maka pekerjaan akan lebih ringan karena terasa menyenangkan. Anda pasti ingin kan mempunyai hobi yang menghasilkan keuntungan.

Nah Sobat Entrepreneur, jadi Anda sudah mendapatkan inspirasi untuk menjadi pengusaha? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur. [Photo Credit: Farid]

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+