Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Pentingnya Kartu Nama


Bagi seorang pengusaha, kartu nama merupakan salah satu ujung tombak dari networking dan merupakan identitas dalam berbisnis. Orang lain dapat menilai betapa seriusnya bisnis dan pembawaan anda dimulai dari kartu nama.

Desain kartu nama tidak perlu ribet dan mencolok, cukup simple dengan memuat logo perusahaan dan dilengkapi dengan informasi seperti nomor handphone, alamat e-mail, alamat kantor, dan deskripsi singkat usaha anda sudah cukup.

b17

Untuk memberikan kartu nama, jangan asal seperti hanya menaruh di atas meja. Berikut beberapa cara memberikan kartu nama ke orang lain yang dapat diikuti:

  • Berikan kartu nama dengan kedua tangan, begitu pula sebaliknya apabila menerima kartu nama dari orang lain. Memberikan kartu nama dengan kedua tangan sangat penting dalam membangun first impression usaha kita.
  • Cara memberikan kartu nama berikutnya adalah sebutkan informasi penting yang perlu disampaikan seperti, “kantor saya di …. ”
  • Perhatikan dan bacalah kartu nama tadi sejenak, kemudian berikan komentar singkat mengenai informasi yang terdapat pada kartu nama. Salah satu contoh, apabila kita menerima kartu nama dari petinggi bank ternama cobalah untuk mengomentarinya dengan bertanya di bagian apa? Atau sudah lama belum, dan sebagainya.
  • Apabila kartu nama diterima pada saat meeting, letakkanlah diatas meja untuk membantu mengingat nama pemilik kartu nama tersebut dan cobalah untuk menyapanya dalam meeting.
  • Simpanlah kartu nama di dalam dompet atau tempat khusus (biasanya kotak) sehingga kartu nama dalam keadaan yang baik dan tidak kusut.
  • Jangan menolak apabila orang yang sama meminta kartu nama beberapa kali kepada anda. salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi adalah ketika meminta kartu nama, beberapa orang menolak dengan alasan “loh, kemarin kan sudah saya kasih”. Cobalah untuk memberikan lebih ikhlas, itu berarti tandanya orang tersebut sangat potensial terhadap bisnis anda.

Nah, itu tadi beberapa tips tentang pentingnya kartu nama untuk bisnis. Sudahkah anda mempraktekkannya untuk bisnis?

Oh iya, kami sudah mengumpulkan beberapa desain kartu nama yang super keren untuk Sobat Studentpreneur. Coba saja lihat siapa tahu terinspirasi.

b23

b29

b41

b46

b5

b6

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter