Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Perjalanan Berat Menjadi Entrepreneur – Seperti Menaiki Rollercoaster Maut


Saya sangat tertarik dengan sebuah video yang saya tonton kemarin di Youtube. Video yang diproduksi oleh getontherollercoaster.com ini bercerita tentang jalan terjal yang harus dialami oleh semua entrepreneur dengan mengandaikan jalan tersebut sebagai perjalanan kita menaiki rollercoaster. Semua entrepreneur, entah itu sukses maupun gagal, pasti akan mengalami rollercoaster ini. Garis besarnya, semua entrepreneur entah sukses atau gagal akan mengalami 4 fase utama, namun hanya entrepreneur yang sukses mengalami fase kelima atau fase terakhir dari rollercoaster ini. Apa saja fase-fasenya?

the-roller-coaster-large

  • Uniformed optimism

Fase awal menjalani usaha selalu optimis, namun sebenarnya kita sama sekali tidak ada gambaran hambatan apa yang akan menanti di depan. Di fase ini, biasanya seorang entrepreneur hanya berbekal tips bisnis untuk pemula, tanpa ada pengalaman yang berarti dalam bisnis tersebut.

  • Informed Pessimism

Seiring berjalanannya waktu, seorang entrepreneur mulai menyadari bahwa mungkin ide bisnisnya tidak sempurna, atau malah tidak bagus. Dia mendapatkan berbagai fakta yang justru menunjukkan betapa negatifnya ide bisnis dia. Di fase ini, entrepreneur telah mendapatkan berbagai hambatan yang membuat dia “stress”. Motivasi dan semangat dalam berbisnis sudah menurun dibandingkan pada awal mendirikan bisnis.

  • Crisis of meaning

Setelah melewati fase informed pessimism, seorang entrepreneur akan mengalami krisis kepercayaan diri yang sangat akut. Dia akan selalu merasa kawatir dan putus asa dalam menjalani bisnisnya. Dia kebingungan langkah apa yang harus dia jalani untuk melanjutkan bisnisnya.

  • Crash and burn or Survive

Ini merupakan bagian terbawah dari rollercoaster seorang entrepreneur. Apakah dia akan menyerah karena merasa bisnisnya tidak jalan atau apakah dia telah kehilangan passion akibat semua tekanan berat dalam fase-fase sebelumnya. Kalau seorang entrepreneur mempunyai mental tangguh dan berhasil mengubah segala stress yang dia terima menjadi sesuatu yang positif, maka besar kemungkinan dia untuk survive dalam bisnis tersebut. Ini merupakan fase terberat yang akan dialami oleh setiap entrepreneur, entah yang sukses maupun gagal.

  • Hopeful realization

Fase hopeful realization adalah puncak baru bagi seorang entrepreneur yang berhasil menjalani berbagai tekanan dalam fase sebelumnya. Mereka telah berada di tahap “sukses”. Namun, seorang entrepreneur juga tidak bisa berpuas diri dalam fase ini, karena mereka akan mengalami rollercoaster entrepreneur selama mereka masih berada di dunia bisnis.

 

Ingatlah Sobat Studentpreneur, tidak ada yang mudah dalam dunia bisnis. Semuanya membutuhkan kekuatan mental anda. Sudah siapkah anda untuk menaiki rollercoaster seorang entrepreneur?

Oh iya, kalau anda ingin melihat videonya secara lengkap, yang menurut saya adalah tips bisnis untuk pemula yang sangat baik, tonton disini: