Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Perusahaan Mantan Guru Bahasa Inggris Ini Kini Diharga 1800 Trilliun Rupiah


Guru Bahasa Inggris Ini Kini Dihargai Sebagai Salah Satu Pahlawan Ekonomi Tiongkok.

Pada tahun 1999, seorang guru Bahasa Inggris Jack Ma mengajak 17 orang temannya untuk bersama-sama memajukan ekonomi Tiongkok. Dia merasa bisnis-bisnis dari Tiongkok harus dipromosikan lebih baik. Dari tangan emasnya, lahirlah Alibaba, portal e-Commerce pertama di Tiongkok. Sepanjang perjalanannya, Alibaba sangat terkenal karena berani menantang eBay, dan bahkan akhirnya mengalahkan mereka. Keberhasilan mengalahkan eBay membuat Alibaba dan berbagai anak perusahaannya seperti Taobao, Ali Express, dan lain-lain, menguasai dunia e-Commerce Tiongkok, yang mempunyai 500 juta pengguna internet.

Kini, Alibaba mengumumkan bahwa pada tanggal 8 September berencana untuk mengajukan IPO, melempar saham mereka dengan harga $66 per lembar saham. Harga ini akan membuat mereka bernilai total 160 Milliar Dollar, atau 1800 Trilliun Rupiah, salah satu aksi IPO terbesar di dunia. Nilai dari Alibaba sendiri diperkirakan melampaui Facebook yang bernilai 100 Milliar Dollar ketika pertama kali melakukan IPO. Jack Ma sendiri sudah dianggap menjadi pahlawan nasional di Tiongkok, membuktikan diri bahwa perusahaan lokal Tiongkok mampu bersaing dengan perusahaan asing.

jack-ma-2

Siapa yang akan mendapatkan bagian paling besar dalam pesta IPO Alibaba besok? Softbank, perusahaan telekomunikasi dan investasi di Jepang adalah pemegang saham terbesar dengan 34% saham, bernilai total 55 Milliar Dollar atau sekitar 649 Trilliun Rupiah. Pemimpin Softbank, Masayoshi Son merupakan salah satu orang pertama yang percaya pada visi gila Jack Ma. Bahkan, Jack Ma saat itu tidak membawa slide presentasi apapun, hanya bercerita mimpinya pada Masayoshi Son. Kepercayaan orang nomor satu Softbank ini akan terbayar lunas besok.

Pihak lain yang diuntungkan oleh IPO Alibaba adalah Yahoo!. Meskipun sempat melepas sebagian sahamnya di awal kepemimpinan Marissa Mayer, Yahoo! masih mempunyai 22 persen saham Alibaba, bernilai sekitar 36 Milliar Dollar, atau 424 Trilliun Rupiah. Prospek penghasilan besar ini membuat saham Yahoo! naik 1 persen di pasar saham Amerika.

Ingin tahu seberapa besar Alibaba? Dengan valuasi sebesar itu, Alibaba berhasil menjadi perusahaan internet terbesar kedua di dunia, setelah Google! Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Profil Guru Bahasa Inggris Jack Ma, Orang yang Membangun Ekonomi Tiongkok

The Newbies 1: Anak SMA Ini Meraup Puluhan Juta Rupiah Dari Toko Sepatu Online

Mau Main Saham Dengan Modal Hanya 1 Juta Rupiah?

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+