Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Perusahaan Pemuda Ini Kini Bernilai 80 Trilliun


“Setelah mempunyai 200 juta pengguna kecil dan 4 juta pelanggan corporate, Dropbox harus terus berkembang”

Drew Houston – CEO Dropbox

Drew Houston mendirikan Dropbox ketika masih berusia 25 tahun. Ide dari Drew sangat sederhana, karena merasa membagi file ke temannya sangat sulit, dia menciptakan system sendiri yang memungkinkan dia dan temannya berbagi file kuliah dan pekerjaan secara mudah, semudah membuka harddisk di komputer. Ternyata, banyak orang membutuhkan solusi yang sama. Drew Houston pun membuka Dropbox untuk umum. Saat ini, setelah 5 tahun berjalan dan mendapatkan ratusan juta pengguna, Dropbox berhasil menjadi salah satu penyedia online storage terbesar di dunia, dan baru saja divaluasi senilai 80 Trilliun Rupiah. Dropbox saat ini digunakan oleh 200 juta pengguna, 10x lipat dari jumlah penggunanya di tahun 2010, dan penghasilan yang naik 20x lipat di angka ratusan juta dollar.

 

Dropbox screenshoot

Studentpreneur Juga Menggunakan Dropbox

Dropbox sudah lama terkenal sebagai pembuat sensasi. Kantor Dropbox terkenal sebagai salah satu kantor paling inovatif di dunia, mewakili jiwa Drew Houston yang sangat muda. Tidak hanya desain kantor yang keren, tapi juga ada bar lengkap dan bahkan studio rekaman apabila karyawan Dropbox ada yang ingin menjadi artis! Terakhir, meskipun lima tahun terakhir Dropbox berhasil mengumpulkan dana investasi 257 Juta Dollar, perusahaan mengumumkan ronde investasi baru untuk mendukung strategi pengembangan, bersaing dengan Microsoft dan Google dalam penyediaan online storage untuk pasar corporate. Selama ini Dropbox memang terkenal sebagai penguasa online storage bagi pasar pelanggan kecil, bukan corporate.

“Setelah mempunyai 200 juta pengguna kecil dan 4 juta pelanggan corporate, Dropbox harus terus berkembang, “ kata Drew Houston ketika ditanya kenapa membuka ronde investasi baru. Karena pasar corporate membutuhkan perhatian lebih, Dropbox harus merekrut banyak orang teknik dan sales yang baru. Apalagi, meskipun menang telak di pasar pengguna kecil, mereka tertinggal jauh dari Microsoft, Google, Amazon, dan bahkan Box untuk pasar corporate.

Drew Houston masih berusia 30 tahun saat ini, namun telah mempimpin perusahaan senilai 80 Trilliun Rupiah dan menjadi salah satu sosok paling penting di dunia online storage. Bagaimana pendapat Anda Sobat Studentpreneur?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter