Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Pesaing Starbucks Mungkin Datang Dari India: Cafe Coffee Day Mengajukan IPO


Café Coffee Day, jaringan kafe kopi rumahan terbesar di India, kini menuju ke Initial Public Offering (IPO). Forbes melaporkan bahwa perusahaan ini akan mencatatkan diri di bursa efek luar negeri dalam 6-8 bulan ke depan.

Perusahaan induknya, Coffee Day Resorts yang berbasis di Bangalore, sedang menjajaki kemungkinan untuk mengganti nama dan saat ini sedang melakukan ‘pembersihan dan persiapan’ menuju IPO.

Memang, pasca kemenangan Narendra Modi dan Partai Bharatiya Janata dalam Pemilu, Bursa Efek Sensex di Mumbai mencatatkan kenaikan bursa saham yang terus merangkak hingga ke titik rekor. Iklim ini membuat sejumlah pemilik bisnis di India optimis dan mulai berani membicarakan mengenai public offering. Salah satunya adalah Café Coffee Day.

Cafe-Coffee-Day

Café Coffee Day membuka kafe pertamanya di Bangalore pada tahun 1996. Hingga sekarang, sudah ada 1.550 kafe yang tersebar di seluruh 350 kota di India dengan tingkat pertumbuhan lokasi baru sebesar 150 setiap tahun. Sebanyak  25.000 mesin vending kopi miliknya telah melayani  miliarian cangkir minuman dalam setahun ini.

V.G. Siddhartha, 54, sang pemilik Café Coffee Day, dilahirkan di keluarga penanam kopi. Melalui usahanya, kepemilikan pribadinya kini meliputi 10.000 hektar perkebunan kopi dan kayu. Di luar industri kafe kopi, Siddharta juga memegang sejumlah bisnis lain.  Misalnya Tanglin (sebuah pengembang real estate), 20% saham di MindTree (sebuah layanan IT ternama di India), dan 55% saham di Sical Logistik.

Siddhartha dikabarkan sedang dalam diskusi lanjutan dengan beberapa bank investasi untuk mencari penilaian di atas 1 miliar dolar. Dana yang terkumpul dari IPO Café Coffee Day ini akan digunakan untuk memperluas pasar dan bersaing dengan kekuatan raksasa global Starbucks Corp yang telah meluncurkan café pertamanya di Mumbai pada bulan Oktober 2012 silam melalui joint venture konglomerat India, Tata. Untuk bersaing, Café Coffee Day dikabarkan telah meriset sejumlah kawasan bergengsi di kota-kota besar untuk membuka outlet baru mereka. Salah satunya di Jakarta dan Surabaya.

Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Satish]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ibu Muda Ini Hasilkan Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Online

Perjuangan Gadis Cantik Merintis Bisnisnya

Mari Belajar Dari Kegagalan 11 Bisnis Ini

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+