Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People preview november 2013

Porter Erisman – Jack Ma, Crocodile in the Yangtze, dan Alibaba


Dalam sela-sela kesibukan Studentpreneur Campus Roadshow 2013, tim Studentpreneur berhasil mewawancarai Porter Erisman secara eksklusif. Porter yang merupakan mantan Vice President Alibaba Group adalah salah satu sosok bisnis terbesar yang pernah hadir di Surabaya. Saat ini, Alibaba Group adalah perusahaan e-Commerce terbesar di dunia dengan nilai pasar lebih dari 67 Milliar Dollar. Porter adalah sosok penting yang pernah direkrut oleh Jack Ma. Porter tahu sendiri bagaimana seorang guru Bahasa Inggris, Jack Ma, mampu membangun Alibaba dari semula hanya di apartment menjadi perusahaan yang sangat besar. Tim kami berbincang banyak tentang Studentpreneur Campus Roadshow, Crocodile in the Yangtze, serta pandangan Porter Erisman terhadap Jack Ma dan Alibaba Group sendiri. Mari kita belajar dari Porter Erisman!

 

publication uc

 

Bisa diceritakan sedikit apa itu Crocodile in the Yangtze?

Crocodile in the Yangtze adalah sebuah film yang Saya buat setelah meninggalkan Alibaba, bercerita tentang Alibaba dari kacamata Saya, orang Amerika yang bekerja di perusahaan China. Film ini menceritakan lengkap perjuangan Alibaba tumbuh dari perusahaan yang awalnya hanya di apartment, bertarung dengan eBay, dan menjadi perusahaan internet China pertama yang menembus pasar internasional.

 

Anda berkeliling dunia untuk screening film ini. Bagaimana respon mereka?

Saya mulai April 2012, premiere-nya di California, dan mempertontonkan film ini di lebih dari 20 festival film dan 20 universitas di seluruh dunia dan didukung oleh berbagai organisasi dan komunitas yang juga mendukung pengembangan entrepreneurship di daerahnya masing-masing. Sebelum berada di Surabaya ini, Saya melakukan screening di Sydney, dan setelah di Surabaya, Saya akan mengadakan screening di China, Vietnam, dan beberapa Negara di Asia.

 

Di Surabaya, film Anda ikut diputar dalam rangkaian Studentpreneur Campus Roadshow 2013. Bagaimana menurut Anda tentang semangat anak muda Surabaya?

Jujur, screening di Surabaya ini adalah yang terbaik dari yang pernah Saya lakukan. Saya membuat film ini untuk pelajar dan entrepreneur. Uniknya, Studentpreneur adalah gabungan keduanya. Komunitas Studentpreneur yang berisi entrepreneur muda benar-benar memberi Saya banyak sekali pertanyaan yang sulit dijawab. Belum lagi secara jumlah penonton, Studentpreneur Campus Roadshow ini termasuk yang paling ramai dihadiri. Surabaya yang terbaik!

 

Anda bekerja bersama Jack Ma cukup lama, Anda juga kenal secara dekat. Menurut Anda, bagaimana Jack Ma secara personal?

Jujur Jack Ma banyak menginspirasi Saya. Dari Jack, Saya belajar bahwa apabila kita benar-benar mengejar mimpi kita, menaruh hati di sana, resilient, dan tidak pernah menyarah. Tidak hanya Saya yang berubah dan berkembang, namun juga semua teman Saya di Alibaba. Saya belajar bahwa tidak peduli di mana Anda tinggal, dan apa latar belakang Anda, kalau Anda bisa bersatu dengan tim dan mengikuti sebuah nilai, dan membangun sesuatu yang mengembangkan masyarakat, sebenarnya Anda juga bisa menciptakan perusahaan level dunia dari mana saja.

MAU BACA LENGKAPNYA EXCLUSIVE INTERVIEW TENTANG PANDANGAN PORTER ERISMAN TERHADAP JACK MA? BELI AJA LANGSUNG EDISI CETAK MAJALAH STUDENTPRENEUR BULAN NOVEMBER 2013 DI GRAMEDIA TERDEKAT (PULAU JAWA) ATAU DI WAYANG FORCE DAN SCOOP (EDISI DIGITAL).

MAU BERLANGGANAN LANGSUNG EDISI DIGITALNYA? ATAU MAU DAPETIN PROMO PRE-ORDERNYA? BISA LANGSUNG KLIK DISINI:

Subscribe_20Button