Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Profil Larry Page si Raja Google


Larry Page adalah orang penting dalam dunia teknologi informasi. Lahir pada 26 Maret 1973, Larry tumbuh menjadi tokoh yang di segani dunia sebagai ilmuwan komputer dan internet entrepreneur. Dia dan teman dekatnya, Sergey Brin, mendirikan Google pada 4 September 1998. Dia menjabat sebagai chief executive officer dari Google, yang kemudian digantikan oleh Eric Schmidt. Dia termasuk dalam jajaran orang terkaya dunia dengan estimasi kekayaan sebesar 18 juta dolar. Dalam hidupnya, ia adalah orang yang berhasil menciptakan PageRank, yaitu semacam algoritma khusus dalam mesin pencarian Google.

Page mengenyam pendidikan dengan sangat baik di Okemos, Michigan dan kemudian lulus sari sekolah menengah di East Lansing High School pada 1991. Dia kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Michigan dengan gelar Bachelor od Science juga mengenyam pendidikan di Stanford University dengan gelar Master of Science. Ketika ia mengenyam pendidikan di University of Michigan, dia berhasil menciptakan inkjet printer yang terbuat dari Lego. Ditunjuk sebagai ketua Eta Kappa Nu pada 1994 serta menjadi anggota “Maize and Blue” University of Michigan Solar Car Team pada tahun 1993.

Menilik asal usulnya, Page dilahirkan di keluarga yang sangat berkaitan erat dengan dunia komputer. Ayahnya adalah seorang ahli komputer, Carl Page menjadi seorang pioner yang berhasil mengenyam gelar Ph.D yang notabene masih sangat langka pada jaman tersebut. Sedangkan ibunya, Gloria Page adalah seorang profesor komputer yang mengajar di Michigan State University. Selama mengenyam pendidikan S3, Larry page sangat intens meneliti tentang algoritma dalam dunia internet. Dalam disertasinya, Larry Page mencoba menggali secara matematis dari World wide Web, memahami rantai struktur-strukturnya sebagai sebuah gambaran yang besar. Ide ini didukung oleh dosen pembimbingnya. Ia kemudian menyadari bahwa ide ini merupakan ide yang sangat brilian.

Page kemudian mencoba untuk fokus pada permasalahan dalam mencari link dalam web ke dalam halaman tertentu. Ia kemudian dibantu oleh temannya, Sergey Brin. Brin dan Page akhirnya bertemu dalam pertemuan musim panas dalam sebuah orientasi kandidat Ph.D. Mereka berdua akhirnya menempuh program yang sama selama dua tahun. Selama itu pulalah mereka berdua akhirnya menjadi sahabat yang baik. Untuk mengkonversi backlink data yang telah dikumpulkan oleh BackRub’s web crawler menjadi hal yang penting untuk halaman web yang diberikan,

Brin dan Page akhirnya mengembangkan algoritma yang diberi nama PageRank. Mereka kemudian menyadari bahwa hal ini dapat digunakan untuk membangun sebuah mesin pencari. Pada tahun 1996, versi Google yang pertama akhirnya diluncurkan, tetapi masih terbatas di Stanford University web Site. Pada tahun 1998, Brin dan page akhirnya sepakat untuk mendirikan Google, Inc. Page bertindak sebagai co-president dengan Brin. Pada tahun 2001, akhirnya mereka memperkerjakan eric Schmidt sebagai CEO. Pada tahun 2011, Google mengumumkan untuk menggantikan Schmidt sebagai CEO di bulan April. Mereka berdua mendapatkan kompensasi rutin satu dolar. Pada 4 April 2011, Page akhirnya menjadi CEO sedangkan Schmidt diturunkan menjadi eksekutif.

Penghargaan

Banyak penghargaan yang didapatkan atas prestasi Page. Untuk Google sendiri, perusahaan ini ditempatkan sebagai Top 100 Web Site dan Search Engine dan menganugerahi Google the Technical Excellence Award atas inovasi dalam Web Application Development pada tahun 1999. Pada tahun berikutnya, Google mendapatkan Webby Award. Tahun 2001, Google dianugerahi sebagai Outstanding Search Service, Best Image Search Engine, Best design, Most Webmaster Friendly Search Engine, dan Best Search Feature at the Search Engine Watch Award. Pada tahun 2002, Page dan Sergey Brin dicantumkan ke MIT Technology review TR 100, sebagai top 100 inovator di dunia dibawah umur 35. Mereka berdua menerima gelar kehormatan MBA dari IE Business School. Pada tahun 2004, mereka mendapatkan award “Highest Award in Engineering” dari Marconi Foundation. Mereka berdua juga tergabung dalam 32 orang yang paling berpengaruh dalam teknologi informasi.