Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Programming Game Semudah Bermain Lego Dengan Aplikasi Ini


Apa yang ingin kami lakukan adalah membuat programming menjadi lebih menyenangkan.

Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk membuat game tapi tidak tahu cara membuatnya? Kini ada sebuah aplikasi baru yang bernama Tickle, dibuat oleh Mike Chen, seorang profesor komputer di U.C. Berkeley Amerika Serikat. Aplikasi ini dapat mengajarkan kepada Anda cara membuat game menjadi lebih mudah. Karakter dan desain yang unik dan berwarna-warni menjadi pembeda aplikasi ini dengan aplikasi-aplikasi sejenis untuk membantu orang belajar programming. Satu hal pembeda lagi yang menarik, aplikasi ini berjalan di iPad. Dengan adanya aplikasi ini tentu saja mematahkan anggapan banyak orang bahwa tablet belum mampu mendukung pekerjaan programming hingga menjadi aplikasi.

Menurut Mike, modul pengajaran yang dimiliki oleh aplikasi ini sangat menyenangkan dan interaktif sehingga dapat memotivasi penggunanya. Sebagai awal, pengguna akan diajak untuk mempelajari membuat animasi huruf Tickle dengan menyusun kepingan puzzle. Dari situlah selanjutnya pengguna juga bisa mencoba membuat game-game populer mobile, atau programming real-life object seperti lampu pintar Smart Hue atau Drone.

tickle

Desain antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat mengundang perhatian mata. Jika Anda pernah mencoba menggunakan App Inventor untuk membuat aplikasi Android, maka seharusnya Anda tidak akan mengalami kebingungan ketika mencoba menggunakan aplikasi ini. Tampilan dan tata letak dalam aplikasi ini hampir sama dengan tampilan App Inventor, sebab aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman visual Scratch yang dikembangkan oleh MIT.

Ide aplikasi Tickle ini bermula dari ketidakpuasan Mike Chen terhadap sistem pengajaran programming yang diajarkan di banyak kampus saat ini relatif membosankan. Untuk itulah Mike ingin membuat belajar programming menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, bahkan bisa dipelajari oleh anak kecil sekalipun. Mike berharap aplikasi ini dapat memberikan pengalaman belajar programming semudah bermain lego.

Saat ini Tickle sedang berusaha untuk mengumpulkan 30 ribu US Dollar  di KickStarter untuk membantu tahap pengembangan dan penyempurnaan prototype aplikasinya, serta untuk membuat aplikasi ini dapat digunakan oleh banyak orang. Selain itu, ada banyak timbal balik yang diberikan bagi orang-orang yang mau membantu mendanai proyek ini. Salah satunya adalah pendonor bisa mendapatkan modul pembelajaran interaktif membuat game sejenis Flappy Bird sederhana. Kemudian ada juga akses beta khusus untuk pendonor yang berasal dari kalangan pengajar, orang tua, dan partisipan acara konferensi Scratch.

Apabila Anda tertarik untuk membantu proyek Tickle ini, silahkan kunjungi halaman Kickstarter Tickle disini. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Wawancara Eksklusif: Anak Muda Ini Tinggalkan NASA Demi Bisnis Robot

Resep Sukses: Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Sukses

Saatnya Anak Muda Berperan Dalam Ekonomi Indonesia?

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+