Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Proyek Salad Kentang Menang Besar di KickStarter


Jangan Remehkan Salad Kentang. Pemuda Ini Kumpulkan 500 Juta Rupiah Karena Salad Kentang.

Sobat Studentpreneur, Anda pasti sudah terbiasa dengan cerita tentang bagaimana Kickstarter sukses dalam mewujudkan pendanaan terhadap ribuan proyek inovatif di dunia, mulai dari bisnis, teknologi baru, games, dan produksi film. Tapi sekarang, Kickstarter juga tengah digunakan untuk mewujudkan proyek membuat salad kentang. Iya, salad kentang.

Percaya tidak percaya, nyatanya baru-baru ini, Zack “Danger” Brown, seorang pemuda dari Columbus, mendapatkan respon luar biasa karena memulai sebuah proyek membuat resep salad kentang.

potato-salad

Jika Anda menyumbang dengan harga tertentu, Anda dapat memilih satu bahan untuk ditambahkan pada resep Zack. Anda bahkan akan diundang ke pesta pecinta salad kentang yang akan diselenggarakan di rumah Zack ketika dana Kickstarter telah cair.

Zack tidak pernah menduga kampanye ini akan sukses dan go global. Katanya, dia mungkin harus mengirim beberapa salad kentang luar negeri. Sampai sekarang pun kampanye ini sedang berlangsung. Anda dapat mengikuti kemajuan atau bahkan ikut membantu mendanai kampanye ini dari halaman salad kentang Zack di Kickstarter.

Meski kedengarannya bodoh, proyek ini tengah mengumpulkan pendanaan sekitar $50 ribu dari gol awalnya $10 dari sekitar 5000 pendukung. Artinya sukses 5000% dari tujuan awal.

Salad kentang Zack Brown, mungkin awalnya hanya sekedar ditujukan sebagai lelucon setengah matang di tengah gegap gempita model pendanaan crowdfunding. Namun kesuksesannya mengindikasikan banyak hal.

Pertama, Anda tidak perlu foto produk yang istimewa atau menulis deskripsi yang luar biasa rumit untuk menarik perhatian. Zack mengawali kampanye-nya dengan deskripsi setengah hati, “I’m making Potato Salad”. Bahkan judul kampanye dipikir dengan malas, “Potato Salad”. Seperti halnya Zack Brown, Anda hanya perlu sedikit keberanian untuk memulai kampanye Anda.

Kedua, mengejar kesempurnaan tidak menjanjikan apakah proyek Anda akan berhasil. Ketika terjun ke Kickstarter, Anda tidak menghadapi profesional seperti venture capital atau investor serius. Demografi audiens Anda lebih luas. Masyarakat umum justru akan cenderung terintimidasi ketika Anda menulis jargon – jargon intelektual. Inilah keunggulan proyek salad kentang milik Zack Brown. Ia menggunakan bahasa universal yang mampu related dan dimengerti siapa saja.

Better done than perfect. Proyek salad kentang milik Zack Brown yang mungkin dianggap sepele oleh dunia, berhasil membuktikannya. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini Dia Orang Dibalik Kekayaan Prabowo Subianto

Cerita Inspiratif: Orang-Orang Gagal yang Berhasil Mengubah Hidupnya Menjadi Tersukses di Dunia

Ditawari Pekerjaan Hebat di Amerika, Pemuda Ini Pilih Mengejar Mimpi di Indonesia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+