Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Punya Bisnis? Manfaatkan Musim Liburan Ini


Memasuki akhir Bulan November mempunyai arti yang besar bagi Anda yang sudah mempunyai bisnis. Musim liburan anak sekolah akan segera datang, diikuti oleh natal dan tahun baru. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memajukan bisnis Anda ketika musim libur ini. Bagi yang berbisnis sesuatu yang berkaitan dengan liburan, tentu saja lonjakan omzet akan menanti Anda. Bahkan bagi bisnis yang sebenarnya tidak berkaitan dengan liburan, sebenarnya masih akan mendapatkan keuntungan apabila memanfaatkan momen ini dengan baik. Nah, bagaimana caranya?

 

liburan sekolah

 

Manfaatkan Momentum Liburan Anak Sekolah 

Selesaikan Semua Proyek dan Ciptakan Produk Baru

Musim liburan sering dilewati dengan tidak produktif oleh perusahaan. Ingatlah, meskipun pelanggan Anda berlibur, tidak seharusnya Anda berlibur (well, 1-2 hari libur is okay, tapi jangan 1 bulan penuh). Waktu yang digunakan pesaing untuk berlibur harus Anda gunakan untuk menyelesaikan proyek yang belum selesai dan juga menentukan strategi kedepan bersama karyawan Anda. Lebih baik lagi kalau Anda juga mengembangkan sebuah proyek dan produk baru yang disasarkan untuk musim liburan. Tidak ada salahnya dengan memberikan sebuah “produk liburan” bagi pelanggan Anda, apapun bisnis Anda.

 

Hubungi Orang-Orang yang Lama Tidak Anda Kontak

Seringkali setelah bertukar kartunama, karena kesibukan yang memuncak, Anda lupa untuk melakukan follow up. Musim liburan adalah waktu yang paling tepat untuk menjangkau mereka. Hati orang biasanya dalam titik yang baik ketika liburan. Hanya menyapa ringan saja, dan mungkin bercerita sedikit tentang proyek Anda semasa liburan, bisa jadi membuat mereka malah menjadi pelanggan Anda. Kalaupun tidak terjadi pembelian, setidaknya Anda jadi terhubung lagi dengan kontak yang hilang tersebut. Mengadakan janji makan siang dengan orang-orang ini juga ide yang bagus. Punya alat BBQ di rumah? Jangan segan untuk mengadakan BBQ party dengan semua koneksi Anda. Menambah koneksi selalu menjadi hal yang baik dalam bisnis.

 

Berhemat Pembelian Alat

Musim liburan bukan hanya berguna bagi pelanggan, tapi juga perusahaan. Kalau Anda amati, banyak sekali diskon bertebaran di musim liburan ini. Perusahaan juga bisa memanfaatkan momen ini untuk membeli alat kantor yang diperlukan, tentunya dengan harga diskon perusahaan. Kalau Anda bisa menjadwalkan pembelian alat dan keperluan kantor pada musim liburan, Anda akan bisa berhemat banyak sekali.

 

Tunjukkan Kreativitas dan Perhatian Anda

Musim liburan adalah saat yang tepat bagi perusahaan Anda untuk memamerkan kreativitas dan perhatian ke pelanggan. Cobalah kirim sebuah video atau hadiah yang sangat kreatif bagi pelanggan Anda bersamaan dengan pembelian mereka. Pelanggan akan menganggap Anda perhatian dengan merkea, yang tentunya menaikkan peluang untuk mereka melakukan pembelian ulang di masa depan. Saya suka contoh yang ditunjukkan oleh Alexis Ohanian ketika masa awal Reddit. Bagi orang-orang yang berhasil membuat thread yang hit di Reddit, Alexis secara personal mengirimkan stiker alien Reddit yang lucu. Stiker memang murah, namun perhatian Alexis dan Reddit membuat orang yang menerimanya akan menjadi pengguna setia Reddit.

 

Nah kalau Sobat Studentpreneur, punya saran apa untuk memanfaatkan liburan ini?

[Photo Credit: @kodokmantap]

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter