Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Punya Ide Bisnis Brillian, Ini yang Harus Anda Lakukan


“Jangan diam saja! Tidak akan ada yang berubah jika Anda tidak melakukan sesuatu!”

Siapa disini yang bermain Online Multiplayer Game seperti BattleNet DotA? Jika iya, pasti sudah mengenal istilah “Sok ide!”, benar bukan? Dalam permainan itu jika ada yang mencoba aksi baru yang tidak masuk akal secara sendirian tanpa memberitahu timnya lalu mati di tengah jalan, maka para pemain lainnya dalam satu tim akan tertawa sambil mengatakan “Jangan sok ide lah!”.

Hal serupa ternyata juga terjadi di dalam dunia bisnis. Ketika ada orang yang memiliki ide bisnis, lalu langsung mencoba menjalankannya sendirian tanpa memberitahu orang lain dan gagal di tengah jalan, maka orang lain juga pasti akan mencemooh orang ini. Perbedaannya hanya terletak pada orang yang mencemooh. Jika dalam permainan itu tadi hanya teman se-tim, sedangkan dalam dunia bisnis yang mencemooh tidak hanya teman-teman saja bahkan bisa sampai orang-orang yang tidak dikenal pun ikut mencemooh. Apa yang harus dilakukan ketika sudah memiliki segudang ide? Jika Anda ingin ide tersebut dapat bekerja, ingatlah 3 hal berikut:

penguin_noted

Have any idea? Tell to your team!

Punya ide? Ceritakan ke tim sehingga ide tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik lagi dari umpan balik yang diberikan oleh teman-teman satu tim. Jika tidak punya tim, maka segeralah cari tim supaya dapat segera memulai pertandingan hidup. Ingat, pertandingan hidup setiap manusia telah dimulai sejak mereka dilahirkan dan pertandingan tersebut akan berakhir ketika manusia meninggal dunia. Jadi jangan sia-siakan waktu hidup ini hanya untuk menyimpan sejuta ide brilian itu sendirian.

 

Don’t do it alone! You are not a superman, right?

Jangan lakukan semuanya itu sendirian. Anda bukan manusia super, bukan? Ketika memiliki sebuah ide brilian, segeralah diskusikan dan rencanakan bersama orang lain. Dengan begitu, maka ide tersebut dapat lebih mudah terwujud. Jangan sampai Anda memiliki berjuta ide tapi semuanya Anda simpan dan kerjakan sendiri, percayalah ujung-ujungnya akan susah sendiri juga!

 

Don’t let it gone! Just do it!

Jangan biarkan ide tersebut pergi! Sudah cepat lakukan saja! Jangan sampai karena merasa ide itu sangat brilian hingga akhirnya kaget ketika tiba-tiba Anda mendengar suara bayi yang merupakan cucu atau bahkan cicit Anda! Kebanyakan orang suka menghabiskan banyak waktunya hanya untuk merancang idenya terlalu sempurna hingga akhirnya tidak punya cukup waktu untuk mengeksekusinya. Syukur kalau akhirnya ide tersebut dapat terwujud, tapi bagaimana jadinya kalau sudah lama-lama merencanakan lalu ide tersebut tidak sempat terwujud? Sayang sekali kan kalau ide tersebut cuma jadi mimpi?

 

Kesimpulannya adalah jangan banyak ide. Jika Anda sudah memiliki ide, segera bicarakan bersama tim. Dari situlah ide tersebut akan berkembang, lalu akan terlihat apakah ide tersebut dapat dieksekusi atau tidak. Jika dapat dieksekusi maka segeralah eksekusi. supaya kesuksesan itu datang lebih cepat. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Jual Motorola Seharga 30 Trilliun Rupiah, Google Untung Besar

Dari Penjaga Toko Menjadi Pebisnis Fashion Besar Dunia

Memulai Kuliah Usia 12 Tahun, Danielle Fong Siap Menyelamatkan Dunia

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+