Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Sandiaga Uno


Sandiaga Salahudin Uno adalah salah seorang pengusaha Indonesia yang lahir di Rumbai, Pakanbaru pada tanggal 28 Juni 1969. Beliau seringkali hadir di berbagai macam seminar dengan tujuan utama memberikan pembekalan dasar tentang jiwa kewirasahaan terutama kaum muda Indonesia. Sandiaga Uno memulai usahanya setelah ia menganggur cukup lama dikarenakan perusahaan tempat ia bekerja dulu bangkrut. Sandiaga bersama rekannya mendirikan sebuah perusahaan keuangan yang bernama PT Saratoga advisor. Usaha yang dirintisnya ini terbukti sangat sukses dan berhasil mengambil alih perusahaan-perusahaan lain.

Sandiaga pernah tercatat sebagai orang terkaya diurutan dua puluh Sembilan di Indonesia pada tahun 2009 berdasarkan majalah Forbes. Tahun 2011, Sandiago Uno Kembali menduduki peringkat tiga puluh tujuh dengan total kekayaan lebih dari enam ratus juta dolar amerika. Sandiago Salahudin Uno juga merupakan salah satu pendiri perusahaan investasi bernama Saratoga Capital bersama rekannya Edwin Soeryadjaya pada tahun 1998. Perusahaan investasi ini berkonsentrasi dalam bidang infrastruktur dan sumber daya alam. Beliau saat ini menjabat sebagai CEO Saratoga Capital dan juga menjadi pimpinan di banyak perusahaan lain seperti PT Adaro energy, perusahaan besar tambang batubara di Indonesia, PT Tower bersama, perusahaan penyedia menara komunikasi. Ia juga menjadi salah satu pendiri Recapital Advisor, perusahaan pengelola asset yang berdiri pada 1997, bersama teman sekolahnya, Rosan Roeslani.

Sandiaga Uno saat ini menjabat sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN) dan juga bendahara Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua umum BPP HIPMI (Badan Pengurus Pusat Himpunan pengusaha Muda Indonesia) pada periode 2005 sampai 2008. Beliau juga aktif di KADIN (Kamar dagang dan Industri Indonesia) sejak 2004 sampai dengan September 2010., yang terakhir adalah ia juga pernah menjabat sebagai Wakil ketua umum di Bidang Usaha Mikro kecil Menengah. Sandiago Uno mendapatkan gelar Bachelor of Business Administration dengan predikat Cum Laude dari University of Wichita State pada 1990. Dua tahun kemudian Sandiaga meraih gelar Master of Business Administration dari University of George Washington. Lalu tahun 2008 adalah tahun dimana dia meraih penghargaaan “Indonesia entrepreneur of The Year” dari Enterprise Asia. Beliau juga tercatat sebagai salah satu fellow dan delegasi Organisasi Asi 21 2008. Salah satu Hobi yang dimiliki oleh Sandiaga Uno adalah bermain bola basket dan pernah menjadi manajer untuk Tim Bola basket Putri nasional pada tahun 2005 acara SEA GAMES yang diadakan di Filipina. Sandiaga menikahi Nur Asia dan juga dikaruniai dua orang putri bernama Anneesha Atheera Uno dan Amyra Atheefa Uno.

Salah satu resep kesuksesan yang dimilikinya yaitu terus berjuang. Ia menyadarinya berdasarkan pengalaman pribadi ketika terhimpit krisis. Beliau selalu beranggapan bahwa di setiap kesulitan pasti ada kemudahan dibaliknya asal rajin berjuang dan tidak mudah putus asa. Hal lain yang beliau sampaikan adalah benih seorang pengusaha itu harus dipupuk sejak kecil, usia 28 tahun ketika beliau mulai berusaha dianggapnya sudah terlalu terlambat. Ia pun mencontohkan bahwa pemenang Shell Entrepreneur Award adalah mereka-mereka yang masih berusia belasan tahun. Ia sangat menyayangkan pertumbuhan pengusaha yang sangat sulit di Indonesia ini. Untuk mencari seratus ribu orang pengusaha saja kita harus mencarinya dari ujung sabang sampai ujung merauke, tepai tidaklah demikian bila kita ingin mencari calon legislative yang cukup banyak bertebaran di depan mata.