Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Selamat Datang di Dunia Bisnis, Briptu Norman


Dari Polisi, Menjadi Artis, Kini Briptu Norman Menjajal BIsnis. Bagaimana Kisahnya?

Anda pasti masih ingat dengan Briptu Norman. Pria dengan nama asli Norman Kamaru ini pernah populer lewat video lipsync yang diunggah di Youtube. Kala itu, media berbondong – bondong memburu kesempatan untuk meliputnya. Seharian penuh ada berita tentangnya. Namun tak lama kemudian, bintang popularitasnya meredup. Ia sudah lama tak pernah lagi muncul di TV. Namun, baru – baru ini, media kembali berbondong – bondong memberitakannya. Bukan karena ia mengunggah video lipsync baru, melainkan karena ia membuka warung kecil di kawasan Kalibata. Beberapa media bahkan lebih jauh memberitakannya ‘lebih kurus’, ditambah beberapa deskripsi yang dengan mudah menyebut bahwa hidupnya kini tidak seenak jaman dulu. Benarkah?

 

Norman menjalani hidup yang lebih bebas.

“Kalau yang dipegang manajemen memang job-nya sebulan itu gila-gilaan. Waktu saya istirahat itu nggak ada,” katanya dalam sebuah liputan Viva. “Saya lebih senang kayak gini, saya bebas mau ngapain. Saya mau nongkrong di pinggir jalan pun jadi,” katanya. “Dulu ditegur.”

Pengakuan ini mengajak kita untuk melihat ada apa sebenarnya di belakang panggung. Seringkali kita silau dengan hingar bingar gaya hidup yang dipertontonkan selebritis. Padahal, beberapa dari mereka justru mungkin mendambakan kebebasan yang Anda miliki. “Yang penting kita bersyukur apa yang diberi Tuhan. Itu saja,” kata Norman.

briptu-norman

Norman menjalani hobinya yang sebenarnya.

Setelah lama hilang dari pertelevisian, sekitar tiga bulan yang lalu, ia memikirkan tentang masa depannya. Sempat terpikir baginya untuk membuka usaha baju. Namun sang istri memberi ide yang lebih baik untuk membuka warung masakan Manado. Karena Norman hobi memasak. Jadi, kemana hobi ini mengantarkannya? “Kalau omsetnya ya bisa sekitar puluhan juta,” katanya. “Yang penting buat ke depan, bisa mencukupi semuanya. Biar bahagia saja.”

 

Norman menemukan fokus barunya.

Anda mungkin bertanya: sekian lama jadi artis, bahkan sampai diberhentikan dari Kepolisian, kemana uang hasil kerjanya? Ternyata, tidak kemana-mana. “Ditabung,” kata Norman. “Bisa nambah-nambah untuk buka warung ini.” Bagus kan, bisa jadi modal? Hal ini yang membuatnya mengaku mantap untuk fokus agar usahanya kali ini berhasil. “Semenjak saya buka warung ini, saya fokus di sini saja. Kalau sudah berjalan bagus, baru kepikiran buka usaha lain,” katanya.

Jadi, apa yang salah dengan Norman Kamaru? Tidak ada. Hanya saja, masih kental stereotip di masyarakat yang mengasosiasikan bahwa ‘merintis = hidup susah’. Nyatanya tidak juga kan. Saat ini, Norman justru sedang menikmati prosesnya. Mungkin saja, ia justru lebih menikmati kehidupannya yang sekarang daripada silau dunia artis. Soal ini biar Norman dan Tuhan saja yang tahu. Biarkan saja pemberitaan simpatik ini terus mengalir. Bisnisnya pasti terbantu oleh pemberitaan model itu. Jika Anda kebetulan berada di kawasan Kalibata, jangan lupa untuk mampir dan menyalaminya. Katakan, “Kali ini, Anda lebih menginspirasi kami daripada ketika Anda ber chaiya-chaiya.”

Jadi, apakah Anda setuju? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Mahasiswi 20 Tahun Bangun Bisnis Fashion Dengan Omzet Bulanan 20 Juta Rupiah

Ini Kisah Inspiratif Pendiri Aqua yang Sering Dihina Ketika Merintis Bisnisnya

Mulai Belajar Saham Dengan Modal Hanya 1 Juta Rupiah

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+