Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Selamat Jalan Nelson Mandela


“Lupakan masa lalu, dan berpikir untuk saat ini dan masa depan,”

Nelson Mandela

Siapa yang tidak kenal Nelson Mandela? Seorang pejuang kebebasan, pemenang hadiah nobel perdamaian, dan mantan presiden Afrika Selatan. Beliau meninggal hari ini pada umur 95 tahun. Kami segenap jajaran redaksi Studentpreneur mengucapkan turut bela sungkawa dan semoga semangat dan kehebatan Nelson Mandela bisa ditularkan ke semua orang di dunia ini. Nelson Mandela telah berhasil mengubah pandangan dunia terhadap ras, sebuah hal yang sebelumnya mustahil. Tim Studentpreneur telah menyusun beberapa hal kunci yang dilakukan oleh Nelson Mandela untuk mewujudkan misi mustahilnya ketika masih aktif dulu. Sebuah contoh kepemimpinan level dunia yang pastinya berguna untuk bisnis dan kehidupan Anda Sobat Studentpreneur.

 

mandela4

 

Mendekati Mantan Musuh dan Menjadikannya Sahabat

Bayangkan apabila Anda dimasukkan penjara dan teman-teman Anda banyak yang dibunuh oleh seseorang. Mungkinkah Anda memaafkan orang yang melakukannya? Well, ketika Nelson Mandela dibebaskan dari penjara, salah satu hal yang beliau lakukan adalah mendatangi Betsie Verwoerd, janda dari pencipta apartheid (politik kulit hitam) Hendrik Verwoerd. Semasa hidupnya, Hendrik yang menciptakan kesengsaraan bagi ras kulit hitam di Afrika, termasuk membuat Nelson Mandela dipenjara. Namun bukannya marah ke Betsie Verwoerd, Nelson Mandela malah mengajaknya bekerjasama menghapuskan apartheid, dan menjadikannya simbol bahwa kulit hitam dan kulit putih bisa hidup bersama. “Lupakan masa lalu, dan berpikir untuk saat ini dan masa depan,” ucap Mandela ketika ditanyai kenapa dia bisa memaafkan Betsie Verwoerd.

 

Menyentuh Hati Rekan Anda

Salah satu hal paling penting dari pebisnis hebat adalah mereka bisa menyentuh hati rekan bisnis. Semua orang tahu bahwa bisnis soal kepercayaan, dan menyentuh hati rekan bisnis artinya akan mendapatkan bisnis lebih darinya. Hal ini juga dilakukan oleh Nelson Mandela. Ketika beliau mengajak seorang pengusaha besar untuk membantu membangun Afrika Selatan, pengusaha tersebut awalnya tidak terlalu ingin membantu dan hanya menyumbang sedikit. Namun, ketika Nelson Mandela dan pengusaha tersebut sampai di lokasi yang akan dibangun, ada 80 ribu anak kecil berpakaian compang-camping mengelu-elukan Nelson Mandela. Lalu, Nelson Mandela menaruh tangannya di pundak pengusaha tersebut dan berkata, “tentunya Anda tidak akan mengecewakan Saya kan?” Pengusaha tersebut memutuskan untuk melipatgandakan sumbangannya untuk membangun Afrika. Hanya dengan langkah kecil Nelson Mandela, pengusaha tersebut sadar betapa besarnya perjuangan beliau, membuatnya juga ingin berjuang demi Afrika.

 

Nah Sobat Studentpreneur, itulah dua contoh kepemimpinan level dunia yang dilakukan oleh Nelson Mandela. Oh iya, selain Studentpreneur, banyak juga pemimpin bisnis dunia yang juga mengucapkan bela sungkawa terhadap Nelson Mandela.

 

mandela2 mandela3 mandela1

 

Jangan lupa mengeshare artikel ini di facebook ataupun twitter Anda ya Sobat Studentpreneur. Sebagai tanda respek kita terhadap Nelson Mandela.

 

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+