Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Seth Godin: Marketer Banyak yang Salah


Biaya iklan yang besar belum tentu memberi hasil yang besar – Seth Godin, guru marketing dunia.

Salah satu guru marketing dunia yang paling berpengaruh adalah Seth Godin. Minggu lalu, Seth meluncurkan sebuah kursus marketing di Skillshare yang diberi judul Modern Marketing Workshop. Beliau berpendapat bahwa dunia kini sudah berubah. Cara-cara marketing lama sudah banyak yang tidak relevan. Pengaruh internet sudah terlalu besar, bahkan juga mempengaruhi dunia marketing. Apabila seorang marketer tidak mampu menyesuaikan diri, maka bisa dipastikan dirinya akan kalah dalam persaingan. Ini dia beberapa tips marketing terbaru dari Seth Godin.

 

Internet Telah Mengubah Dunia Marketing

Marketing modern sudah tidak sederhana seperti memasang iklan dan pembeli akan berdatangan sendiri. Kini, marketing adalah tentang ekonomi konteksi, tentang kepercayaan, tentang pengenalan, dan tentang perhatian yang bernilai jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Tips marketing lama seperti meningkatkan budget iklan untuk menaikkan penjualan sudah tidak berlaku. Kalau dijalankan secara tepat, trik marketing sederhana bisa menyebabkan viral marketing dengan hasil yang sangat besar. Contoh menarik adalah kampanye Will it Blend di Youtube. Blendtec mampu menaikkan penjualan blender mereka dengan membuat video yang menunjukkan blender mereka mampu memblender apapun, termasuk iPhone. Video ini menjadi viral, dan hanya dengan kampanye seharga iPhone, mereka mendapatkan penjualan jutaan dollar.

seth godin

Pelanggan Hanya Peduli Diri Mereka Sendiri

Seth Godin menekankan bahwa semua marketer harus sadar sebuah fakta kalau tidak ada yang peduli dengan mereka. Pelanggan hanya peduli terhadap diri mereka sendiri. Siapapun yang meretweet sebuah brand, bukan melakukan karena brand, tapi karena mereka bangga bahwa brand tersebut merepresentasikan mereka. Pelanggan tidak akan mempedulikan brand Anda meskipun Anda sudah membeli iklan satu halaman penuh di surat kabar. Tapi, komitmen Anda terhadap sesuatu yang dipedulikan oleh pelanggan tersebut yang bisa membuat mereka peduli. Pastikan Anda berhasil mengkomunikasikan komitmen brand Anda, apapun itu, selama dipedulikan pelanggan, akan membuat brand Anda sedikit lebih baik.

 

Sentuh Emosi Pelanggan

Sekali lagi, tips marketing terbaru dari Seth Godin berkisar pada pentingnya kita untuk dapat menyentuh emosi pelanggan. Contoh paling sempurna adalah Apple. Para pengguna Apple biasanya sampai menganggap Apple adalah agamanya. Apabila ada produk Apple terbaru yang keluar, mereka rela sampai mengantri berhari-hari. Ini bukan soal gadget Apple, tapi soal prestige yang didapatkan apabila mempunyai produk Apple. Pelanggan sudah banyak mempunyai berbagai barang, tapi mereka tidak mempunyai arti yang cukup. Produk Apple mampu memberikan arti yang cukup bagi pelanggan tersebut.

 

Buatlah Produk yang Akan Dibicarakan Orang

Meskipun segala tips marketing modern telah Anda jalankan, tetap saja percuma apabila sejak awal produk yang Anda jual adalah produk yang tidak akan dibicarakan oleh orang. Seth Godin menjelaskan bahwa bahkan sebelum launching, Anda harus yakin kalau produk Anda layak dibicarakan orang lain. Setidaknya, harus mencari pasar atau target market orang-orang yang mungkin akan membicarakan produk Anda.

 

Nah Sobat Studentpreneur, sudahkah Anda menerapkan strategi marketing yang berjalan baik? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Nasehat Dari Pendiri Google

Cara Menemukan Ide Bisnis

Anak Glodok yang Menjadi Salah Satu Orang Terkaya Indonesia

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+