Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Silicon Valley: Serial Bisnis Populer Rekomendasi Pebisnis Besar


Dalam dunia nyata, Silicon Valley adalah surganya bisnis teknologi dunia. Di sana, banyak sekali perusahaan raksasa teknologi bermarkas, seperti Google, Apple, dan Amazon. Semua talenta terbaik, uang dari bank dan venture capital, serta resource apapun yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis teknologi raksasa tersedia di Silicon Valley. Hebatnya lagi, mereka tidak akan memandang Anda dari usia dan penampilan. Semuda apapun dan seberantakan apapun Anda, selama Anda mempunyai ide yang super dan otak yang cemerlang, tambang emas Silicon Valley akan menyambut Anda dengan tangan terbuka. Tampaknya, saluran televisi HBO menangkap trend ini dan ingin menunjukkan pada masyarakat bagaimana kondisi Silicon Valley. Mereka menayangkan serial TV baru yang langsung menjadi populer berjudul “Silicon Valley”.

Serial yang produksinya dipimpin oleh Mike Judge ini mengemas kondisi nyata Silicon Valley dengan balutan komedi. Mike Judge sendiri pernah berkarir di Silicon Valley pada tahun 1980an, untuk menambah nyata serial ini. Ceritanya tentang seorang pemuda yang datang ke Silicon Valley bersama ide yang bisa mengubah dunia dan otak yang sangat cemerlang berhasil meyakinkan venture capitalist untuk menanamkan modal di perusahaannya. Dengan cepat dia mengajak beberapa orang jenius lain untuk menjadi timnya dan bersama mengubah dunia. Namun, karakter orang jenius di perusahaan tersebut sangat “aneh”, sehingga dapat menciptakan situasi komedi nyata.

hbo-silicon-valley

Tanggapan dari pebisnis besar Silicon Valley sendiri sangat bervariasi. Elon Musk, pendiri PayPal yang kini sibuk dengan Tesla dan SpaceX menganggap bahwa Silicon Valley sebagai hiburan yang menarik. Namun, Elon menekankan bahwa orang-orang di Silicon Valley memang aneh, tapi tidak norak seperti di serial tersebut. Elon menyarankan orang untuk menontonnya, tapi jangan sampai menganggap serial tersebut 100% sama dengan Silicon Valley yang asli.

Di satu sisi, Marc Andreessen, salah satu venture capitalist paling berpengaruh di Amerika sangat mencintai film ini. Dia bahkan sempat menghubungi Mike Judge tentang betapa tepatnya cara Mike menyindir orang-orang di Silicon Valley. Meskipun setuju bahwa film ini tidak 100% tepat, namun sedikit banyak mampu menggambarkan kondisi Silicon Valley yang sebenarnya. Tradisi Silicon Valley yang menghargai ide dan kemampuan otak tanpa melihat usia, ras, dan penampilan benar-benar mampu diwakili oleh film ini.

Episode pertama dari serial “Silicon Valley” berhasil langsung menjadi sensasi di Amerika. HBO sempat menayangkan secara live serial ini di Youtube. Terlepas dari tepat 100% atau tidak, tampaknya serial “Silicon Valley” bisa menjadi tontonan serta hiburan mendidik bagi calon entrepreneur, terutama mereka yang tertarik dalam bisnis teknologi. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: HBO]

 

Baca Juga:

Pendiri Facebook Gemar Berpesta

Pelajaran Berbisnis Dari Miliuner Dunia

Studentpreneur Hangout Surabaya

Wedya Agung

Wedya Agung adalah kreator Gombalin, aplikasi Android yang sempat menjadi aplikasi terlaris ke-3 di Indonesia

Facebook Twitter