Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

SoundCloud Kini Bernilai Lebih Dari 8 Trilliun Rupiah


SoundCloud baru saja mendapatkan investasi lebih dari 700 Milliar Rupiah, membuat valuasi mereka menjadi lebih dari 8 Trilliun Rupiah

Sebuah platform berbagi musik terkenal dari Jerman, SoundCloud, baru saja mengumumkan valuasi terbaru mereka senilai 700 Juta Dollar atau lebih dari 8 Trilliun Rupiah. Meskipun ternyata menerima investasi sebesar 60 Juta Dollar dengan valuasi terbaru itu pada akhir 2013, SoundCloud baru memberikan pengumuman tersebut beberapa hari yang lalu. Menurut data dari The Wall Street Journal, investasi dan valuasi sebesar itu datang dari Institutional Venture Partner dan Chernin Group.

alex ljung

Dengan valuasi sebesar itu, SoundCloud kini sedang melakukan negosiasi dengan berbagai label rekaman. Pada bulan Oktober 2013, CEO sekaligus pendiri SoundCloud, Alexander Ljung mengumumkan bahwa setidaknya ada 250 juta orang yang menggunakan SoundCloud, entah mengupload lagu mereka atau hanya sekedar mendengarkan musik. Jumlah 250 juta orang tentunya bukan jumlah yang kecil, menyebabkan mereka harus segera menyelesaikan masalah hak cipta dengan label rekaman sebelum terkena masalah yang lebih besar lagi. SoundCloud akan mengalami masalah hak cipta yang juga dialami oleh Youtube.

Banyak analis yang memperkirakan bahwa uang yang didapatkan SoundCloud dari investor hanya akan diputar untuk membayar hak cipta pada label rekaman. Dalam kategori bisnis musik online, SoundCloud jauh lebih bagus daripada saingan terdekatnya, Spotify. Pengguna SoundCloud tidak perlu membayar apabila hanya ingin mendengarkan musik. Bagi artis indie yang baru, SoundCloud juga berguna untuk mendistribusikan lagunya secara gratis dan cepat. Anda hanya perlu membayar kalau perlu mengupload lagu atau sound apapun lebih dari jatah gratis yang diberikan.

Praktis, SoundCloud tumbuh sangat cepat, jauh lebih cepat daripada perkiraan Alexander Ljung saat mendirikannya di Jerman tahun 2007 lalu. Namun, dia tidak puas sampai disitu. Alexander menyatakan bahwa target dari SoundCloud adalah mendapatkan pengguna aktif minimal 1 Milliar orang tiap harinya. Melihat pertumbuhan SoundCloud yang sangat cepat, tampaknya valuasi 8 Trilliun Rupiah bukanlah angka yang salah.

Baca juga bagaimana cara menghadapi kegagalan dalam bisnis. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Photo Credit: Nadine Rupp

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter