Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Sukses Itu Bikin Keren!!!!


“Pak, gimana sih caranya dapat lowongan sebagai pengusaha itu?” ujar Jessica kepada salah satu pembicara seminar entrepreneurship di kampusnya. Sontak, seisi ruangan audit menjadi tertawa mendengar pertanyaan Jessica yang polos tadi.

170456_sukses

Sebenarnya lowongan untuk menjadi pengusaha, saya kira sampai kapanpun masih terbuka luas, tidak terbatas. Artinya, kapan saja, sekarang atau besok kita bisa saja menjadi pengusaha. Bahkan kalau kita ingin cepat menjadi pengusaha, sekarang saja bisa kok. Misalnya, cukup kita datang ke notaris, buat CV atau PT, maka jadilah kita pengusaha sekaligus direktur di perusahaan kita, dan lagi tidak ada upacara aneh-aneh pengangkatan jabatan. Lah yang jadi direktur kan kita, ya berati kita donk yang mengangkat karyawan kita hahaha…

Beda cerita kalau bekerja di tempat orang sebagai pegawai, untuk menjadi direktur membutuhkan waktu yang lama. Bahkan itu juga membutuhkan keputusan atasan. Padahal, untuk menjadi pengusaha sekaligus direktur tidak perlu membutuhkan pengalaman kerja yang ribet. Oleh karena itu pada dasarnya lowongan untuk kita menjadi pengusaha itu tidak ada batasnya alias tidak terkekang oleh siapapun.

Jadi, mestinya kita harus “siap” dulu. Siap “menjadi direktur” di perusahaan kita sendiri, merupakan langkah awal memulai bisnis. Ternyata memulai bisnis justru lebih mudah daripada mencari perkerjaan. Salah satu contoh teman saya, sudah diwisuda, sudah beberapa bulan belum ada yang dipanggil oleh perusahaan, dan akhirnya saya sarankan untuk membuka bisnis sendiri. Perasaan bangga akan membuka bisnis sendiri akan meningkatkan rasa percaya diri (baca: Keren), dan berimbas kita lebih merasa good saat melakukan sesuatu.

Salah satu contoh di masyarakat, seseorang akan mendapatkan jabatan, baik itu di pemerintahan ataupun swasta, padahal belum memiliki skill sebelumnya. Orang tadi dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Artinya, kepercayaan atau “Keren” akan bertambah saat kita mendapatkan kesuksessan, meskipun sukses-sukses yang kita alami adalah sukses kecil, namun bukan masalah karena dari sukses kecil itu timbul motivasi untuk meraih sukses yang lebih besar.

Dalam perjalanan bisnis kita, jangan pernah mengabaikan sukses kecil tersebut, karena hal tersebut adalah proses yang kita alami dan dari sukses kecil tadi akan menjadi kesuksesan yang luar biasa pada bisnis kedepan.

Memang bagi kita yang terbiasa berpikir “percaya diri dulu lalu sukses” kalau anda setuju dengan pendapat tersebut ya monggo, tetapi kapan kita akan move on?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter