Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Taktik Jitu Menarik Pasar Wanita


Saat ini banyak bisnis yang bermunculan dari fashion sampai hal-hal sehari-hari yang sepele dan menyasar pasar wanita. Bisnis tersebut cenderung lebih laku karena pada dasarnya kaum wanita lebih memiliki naluri belanja yang sangat besar daripada kaum pria. Apalagi ditunjang dari karakter emosional wanita yang terlihat tidak hanya pada kehidupan sehari-hari tetapi juga pada saat berbelanja. Coba ingat apabila kita jalan-jalan ke sebuah pusat perbelanjaan, wanita lebih cenderung cepat untuk membeli sesuatu bukan karena kebutuhan melainkan karena adanya PROMO yang menarik mata mereka.

170456_sukses

Menurut sebuah survey, perbandingan populasi pria dan wanita adalah 1:4, atau dapat dikatakan populasi wanita lebih banyak 4 kali daripada pria. Coba bayangkan apabila Anda berbisnis yang berhubungan untuk wanita. Nah kali ini Saya akan berbagi Taktik jitu untuk menarik pasar wanita yang berukuran sangat besar.

 

1. Promo Trial.

Pernahkah Anda dithubungi oleh pihak manajemen sebuah tempat kebugaran tentang Promo Trial yang mengizinkan Anda menikmati fasilitas yang ada di tempat kebugaran tersebut secara gratis? Menurut survey yang dilakukan oleh salah satu tempat kebugaran di Surabaya menyatakan 67% peminat dari Trial tersebut di dominasi oleh wanita, 23% kaum pria, dan sisanya mengabaikan Promo tersebut. Nah, taktik tersebut telah terbukti jitu untuk menarik pasar yang ada. Promo Trial membuat para calon pelanggan merasakan pengalaman memakai produk atau jasa Anda. Apabila mereka puas dengan produk atau jasa Anda, wanita biasanya akan mengajak teman-temannya untuk datang ke tempat Anda dan mencoba produk atau jasa yang sama. Harapannya, ketika masa trial habis, mereka akan menggunakan produk atau jasa berbayar Anda.

 

2. Promo Free Something.

Promo free something sering dikaitkan dengan bonus tertentu yang ditawarkan pada setiap momen. Promo ini sangat powerful apalagi kalau target market kita adalah wanita. Berilah bonus free something barang-barang yang lucu. Sudah kodratnya, wanita lebih menyukai barang-barang yang lucu seperti boneka, bros, atau pernak pernik lainnya. Taktik ini lebih menguntungkan, karena biasanya cost untuk membeli barang-barang bonus tersebut lebih kecil daripada untuk memotong cost diskon. Salah satu contoh promo free something adalah apabila produk jualan kita blazer, nah coba deh setiap pembelian blazer beri free bros cantik. Bros disini dapat dikatakan “nyambung” dengan produk kita karena akan saling melengkapi, dan tampak elegan apabila dipadukan dengan blazer tersebut.

 

3. Promo Paket.

Beda usia market, beda lagi dengan penggarapan promonya. Banyak ibu-ibu rumah tangga lebih mementingkan hitung-hitungan apalagi kalau berbelanja. Taktik yang tidak kalah jitu untuk menarik market ibu rumah tangga adalah dengan memberikan promo paket. Salah satu penggunaan promo paket ini adalah apabila kita berjualan makanan kering rasa A dan B misalnya harga setoples masing-masing 30.000, tetapi kita buat sepaket 2 toples dengan harga 50.000 dengan rasa apa saja. Ternyata, paket yang berharga 50.000 lebih diminati oleh pasar ibu-ibu rumah tangga, karena selain harganya lebih murah mereka merasa mendapatkan value yang lebih.

 

4. Promo Diskon.

Taktik promo diskon ini adalah taktik yang tergolong jadul, tetapi masih powerful juga. Taktik ini harus memanfaatkan momen-momen tertentu sperti natal, tahun baru, tahun ajaran baru, dan sebagainya. Salah satu contoh dengan memberikan diskon all item 25%, atau dengan pembelian syarat dan ketentuan berlaku akan menambah keseruan untuk berbelanja. Disamping itu taktik promo diskon ini kita dapat mengharapkan calon pelanggan melakukan pembelanjaan lebih.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter