Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Good Stuffs

Teknologi Indonesia yang Terselubung


Banyak rakyat Indonesia yang tidak tahu bahwa Indonesia memiliki beberapa teknologi canggih yang bahkan sudah cukup banyak dikenal di tingkat dunia. Orang Indonesia cenderung meremehkan hasil produksi dalam negeri yang salah satunya diklaim memiliki tingkat kualitas dan ketahan yang rendah. Stereotype tersebut secara tidak sengaja terbangun karena banyaknya produk yang secara besar-besaran mengklaim bahwa mereka adalah yang terbaik tetapi pada kenyataannya mereka bukanlah yang terbaik. Selain itu pula mereka mempunyai suatu anggapan bahwa bila ingin memiliki suatu kualitas yang tinggi, maka jumlah uang yang dikeluarkan haruslah cukup banyak.

Memang ada beberapa produk Indonesia seperti pesawat Gatotkaca N-250 dan mobil ESEMKA yang telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tetapi kedua produk tersebut nasibnya hanya berhenti sampai disitu saja dan tidak terdapat tindak lanjut sama sekali baik dari pemerintah ataupun sebuah apresiasi dari masyarakat. Hal tersebut tidaklah boleh menutup mata kita terhadap apa yang dapat dilakukan Indonesia untuk pengembangan teknologi dalam negeri.

Salah satu hasil karya anak bangsa yang patut untuk dibanggakan adalal Chipset Wimax Xirka. Bukanlah suatu usaha yang mudah dan asal-asalan membuat sebuah chip yang memiliki kompleksitas tinggi, namun engineer Indonesia mampu memulai pengembangannya pada tahun 2006 hingga memiliki dua buah spesifikasi dasar untuk tujuan yang berbeda, Fixed Wimax dan Mobile Wimax. Fixed Wimax yang diluncurkan pada tahun 2009 lebih diperuntukan untuk penggunaan gadget yang bersifat tetap atau tidak sering berpindah tempat, sedangkan Mobile Wimax yang diluncurkan pada tahun 2010 diperuntukan bagi gadget yang bersifat mobile. Chip produksi Indonesia ini diluncurkan langsung oleh Kusmayanto Kadiman selaku Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, beliau juga menjelaskan bahwa seluruh komponen dalam chip Wimax Xirka menggunakan komponen buatan dalam negeri asli. Ia juga menambahkan dalam kesempatan yang sama bahwa setiap layanan operator yang akan memberika layanan Wimax harus menggunakan Xirka sebagai basic chip mereka.

Teknologi Indonesia yang berikutnya adalah teknologi-teknologi militer yang telah banyak berjasa mengantarkan Indonesia meraih peringkat ke delapan  belas dalam kemiliteran dunia berdasaran Global Firepower yang menggunakan empat puluh lima variabel perhitungan. Salah satu yang produk militer produksi PINDAD yang mengantarkan Indonesia tersebut adalah Senapan Serbu. Senapan Serbu Indonesia telah memiliki tiga generasi yang mana setiap generasi selalu menancapkan cakarnya di peringkat dunia sebagai senjata serbu terbaik. Senapan Serbu 1 (SS1) adalah varian yang paling terkenal di dunia dan telah cukup banyak mengalami Baptism of Fire dalam berbagai macam peperangan. Senjata ini tidak kalah bila dibandingkan dengan M16 dan juga AK47 yang telah cukup banyak makan asam garam peperangan. SS1 memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan M16 ataupun AK47. Selain itu pula SS1 memiliki tingkat ketahanan yang jauh lebih baik disbanding M16 tetapi masih sedikit dibawak AK47. Meskipun telah berumur puluhan tahun, tetapi SS1 masih berfungsi cukup baik dan masih bercokol sebagai senjata standar militer Indonesia.

Penemuan di bidang militer yang lainnya adalah Panser Anoa. Panser Anoa ini disiapkan oleh PINDAD untuk mewujudkan kemandirian dalam bidang alutsista. Panser ini mempunyai enam roda dan mampu melaju hingga 90 kilometer per jam. Kendaraan ini mampu melompati parit ataupun lubang selebar satu meter dan juga menaiki tanjakan dengan kemiringan sampai empat puluh lima derajat. Selain itu, panser ini dilapisi baja yang tdak akan mampu ditembus peluru hingga caliber 7.62.