Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tempat Strategis untuk Vending Machine


Vending machine merupakan salah satu alat yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan lebih, asalkan tahu lokasi tepat yang mampu menarik banyak pelanggan. Sebenarnya, tidak ada formula pasti yang dapat digunakan dalam menemukan tempat strategis untuk vending machine. Idealnya, vending machine harus diletakkan di tempat-tempat yang benar-benar dibutuhkan orang-orang. Lokasi dengan traffic pejalan kaki yang tinggi merupakan salah satu contoh lokasi yang tepat untuk peletakkan vending machine Sobat Studentpreneur.

Maka, dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen memegang peranan penting dalam pemilihan tempat strategis untuk vending machine. Memahami kebutuhan konsumen dapat memudahkan untuk menemukan tempat-tempat strategis tersebut. Berikut adalah beberapa contoh tempat strategis untuk vending machine yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Bengkel Auto Repair

Kamu yang memiliki mobil dan pernah memasukkannya ke bengkel pasti paham rasanya menunggu dalam waktu lama hingga mobil selesai diperbaiki. Kecuali memilih untuk meninggalkan bengkel, konsumen yang mobilnya sedang diperbaiki akan menunggu di ruang khusus dalam waktu cukup lama. Menurut data dari MyVendingLocator.com yang dilansir oleh situs yourbusiness.azcentral.com, bengkel auto repair menjadi salah satu tempat strategis untuk vending machine. Kamu bisa meletakkan beberapa vending machine sekaligus secara berdampingan di ruang tunggu bengkel auto repair. Pastikan isinya bermacam-macam, mungkin bisa berupa minuman segar, permen, atau makanan-makanan ringan.

 

Rumah Sakit

Tempat satu ini mungkin tidak jauh berbeda dari bengkel auto repair. Tentu bukan para pasien yang kamu sasar dalam peletakkan vending machine, melainkan pendamping atau pengunjung pasien. Jika pernah melakukan salah satu di antaranya, baik mendampingi pasien atau mengunjunginya, kamu tentu pernah menemui banyak orang yang memenuhi lorong rumah sakit. Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk meletakkan vending machine di salah satu sudut lorong rumah sakit. Produk-produk yang berada dalam vending machine dapat membantu orang-orang tersebut untuk sedikit melepaskan beban atau rasa sedih mereka dari pikiran khawatir terhadap pasien yang mereka kenal.

 

Toko Retail

Menurut Henry Schlesinger, seorang penulis untuk situs VendingTimes.com, toko retail yang memiliki penampilan dan feel dari vending machine dapat menjadi lokasi tepat dan strategis untuk peletakkannya. Dilansir dari situs yourbusinessazcentral.com, ia mengatakan bahwa mayoritas pemilik toko ingin agar vending machine yang diletakkannya dapat “membaur” dengan keseluruhan tampilan toko mereka. Tujuannya adalah agar pemilik toko bisa mengelola dan menjaga atmosfer yang dipilihnya ketika pertama membangun bisnis tersebut.

Schlesinger juga mengatakan bahwa vending machine modern memiliki penampilan yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan lima belas tahun lalu. Kini, vending machine memiliki fitur-fitur keren seperti tampilan bacaan digital, lampu kerlap-kerlip, dan profil bentuk yang lebih ramping. Ia menyarankan agar kamu melakukan custom pada vending machine dengan menambah logo dari toko retail pada bagian depan. Letakkan produk-produk yang bukan merupakan saingan toko retail. Misalnya, kamu bisa meletakkan vending machine berisi makanan ringan dan minuman di toko pakaian.

 

Perkantoran

vending-machine

[Photo Credit: Vending Machine]

Sebuah perusahaan bernama Vending Solutions menyatakan bahwa salah satu tempat strategis untuk vending machine adalah di gedung perkantoran yang setidaknya memiliki 75 karyawan. Kamu yang pernah bekerja kantoran pasti pernah merasa lapar di tengah bekerja, padahal waktu istirahat makan siang belum tiba. Satu-satunya solusi tentu mengonsumsi makanan ringan, yang sayangnya tidak dibawa sendiri atau tidak tersedia di pantry. Vending machine bisa menjadi solusi yang oke untuk masalah tersebut. Meski begitu, jangan memilih kantor yang jumlah pegawainya kurang dari 75. Hal tersebut hanya akan membuat produk makanan ringan cenderung basi karena sedikitnya konsumen. Produk minuman soda mungkin memiliki waktu penyimpanan lebih lama, tetapi makanan tidak dapat bertahan selama itu.

 

Tempat Penginapan

Kecuali melakukan traveling bersama orang tua, terutama ibu, mayoritas traveller jarang sekali membawa makanan yang cukup untuk bekal mereka. Terutama jika kamu merupakan seorang traveller backpacker yang melakukan traveling dengan budget terbatas. Makanan tentu bukan menjadi hal utama yang dipikirkan. Kondisi ini dapat menjadi peluang bagus untuk menjual produk melalui vending machine. Hotel, motel, atau tempat-tempat penginapan lain memiliki lobi dengan traffic yang cukup tinggi. Kamu bisa mengisi vending machine dengan makanan ringan atau minuman, yang bisa dikonsumsi selagi menunggu check in atau sebagai alternatif dari produk serupa yang disediakan di kamar hotel dengan harga lebih mahal. Kamu juga bisa menjual peralatan toiletries seperti tisu bagi para tamu yang mungkin lupa membawanya.

 

Tempat Ramai Anak

Selain traffic konsumen yang tinggi, vending machine dapat menjadi sarana marketing yang efektif dengan memanfaatkan perilaku impulsif dari para konsumen. Bahkan menurut situs buzzle.com, transaksi yang berasal dari pembelian impulsif merupakan kontributor utama dari keuntungan bisnis retail seperti vending machine. Pembelian seperti ini, meskipun cukup penting bagi suatu bisnis, sering kali kurang diperhatikan sehingga tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Pada banyak kasus, orang membeli sebuah produk karena mereka menyukainya. Salah satu contoh terbaik dari pembelian secara impulsif ini sering kali melibatkan anak-anak yang mudah tertarik pada penampilan mainan berwarna cerah. Menggunakan proses pemikiran yang similar, yakni dengan meletakkan vending machine yang sekiranya akan disukai anak-anak, dapat sangat membantu bisnismu. Itulah mengapa banyak pebisnis yang menyasar kaum anak-anak dan berhasil sukses karenanya. Apabila produk dari vending machine kamu juga menarget pasar yang sama, tempat strategis yang bisa dipilih adalah toko mainan anak, mall, toko alat tulis, dan kios es krim.

 

Area Bowling

Area bowling mungkin tidak terlintas dalam pikiran sebagai tempat strategis untuk vending machine, mengingat bahwa sepertinya area bowling hanya diminati di kota-kota tertentu saja. Menariknya, situs MyVendingLocator.com memasukkan area bowling sebagai salah satu tempat strategis terbaik untuk meletakkan vending machine. Tidak hanya mengandalkan traffic dari para pengunjung area bowling, kamu juga bisa mengambil keuntungan dari konsumen langganan yang rutin mengunjungi tempat tersebut karena adanya kompetisi bowling. Biasanya, setiap area bowling memiliki program tersendiri untuk mengadakan kompetisi bowling demi meramaikan tempatnya. Vending machine dengan berbagai isi dan produk dapat memberi fasilitas tambahan kepada para pengunjung tersebut.

 

Itulah beberapa tempat strategis untuk vending machine yang bisa kamu coba Sobat Studentpreneur. Meski begitu, perlu diingat bahwa kebutuhan orang-orang dapat berubah, sehingga pemilihan lokasi juga mengikuti perubahan tersebut. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan tersebut dan memaksimalkan layanan merupakan kunci kesuksesan. Meskipun mungkin terkesan sebagai sumber pemasukan pasif, kamu masih harus tetap memikirkan langkah-langkah yang harus diambil demi mencapai kesuksesan bisnis vending machine tersebut.

 

Biru Cahya Imanda

Biru Cahya Imanda bekerja sebagai Head of Surabaya di Penulis.ID, sebuah perusahaan digital content agency ternama.

Facebook Twitter