Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Tergiur Hadiah Uang Liga Champions Eropa


Bagi pecinta sepak bola, minggu-minggu ini adalah minggu yang sangat krusial. Entah itu bagi pendukung Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Borussia Dortmund, atau sekedar penggemar sepakbola eropa. Semifinal Liga Champions Eropa akan mempertemukan Real Madrid dengan Borussia Dortmund, serta Barcelona melawan Bayern Munich. Persaingan Real Madrid dengan ambisi la decima (memenangkan 10 gelar Liga Champions), Barcelona dengan tekad menjadi juara pertama di era non-Guardiola, Bayern Munich dengan rasa penasaran karena dua kekalahan di final Liga Champions Eropa sebelumnya, serta Borussia Dortmund sang kuda hitam yang siap memberi kejutan tentunya membuat Liga ini semakin seru.

gotze

Namun, selain gengsi, ternyata ada yang membuat empat tim ini begitu antusias untuk memenangkan Liga Champions. Hadiah uang tunai di Liga Champions berperan sangat signifikan untuk penghasilan klub-klub ini dalam beberapa tahun terakhir. Menurut data klub sepakbola berpenghasilan terbesar dari Deloitte, Real Madrid memuncaki daftar klub terkaya dengan penghasilan 512,6 juta Euro, Barcelona mengutit di posisi kedua dengan 483 juta Euro, Bayern Munich berada di posisi keempat dengan 368,4 juta Euro, dan kuda hitam Dortmund di posisi ke sebelas dengan 189,1 juta Euro. Tim Studentpreneur telah berhasil menganalisa seberapa besar penghasilan dari semifinalis Liga Champions tahun ini, hanya dari uang hadiah Liga Champions!

 

  • Real Madrid

Hanya dengan lolos menjadi runner-up di fase grup, Real Madrid sudah mendapatkan penghasilan yang besar. Sebelum bertanding pun, mereka telah mengumpulkan 7,2 juta Euro dengan rincian 3,9 juta Euro dari hadiah partisipasi di fase grup serta komisi bertanding yang mencapai 550 ribu Euro tiap pertandingan. Real Madrid yang berhasil memenangkan 3 pertandingan, imbang pada 2 pertandingan, dan kalah sekali mendapatkan tambahan 3,2 juta Euro karena tiap kemenangkan di fase grup mendapatkan bonus 800 ribu Euro serta hasil imbang masih mendapat 400 ribu Euro. Dengan berhasil lolos ke 16 besar, Real Madrid juga berhak mendapatkan tambahan 3 juta Euro. Keberhasilan menyingkirkan Manchester United memberikan Madrid hadiah tambahan 3,3 juta Euro. Terakhir, kemenangan atas Galatasary pada fase 8 besar memberikan bonus 4,2 juta Euro. Total sampai sekarang, Real Madrid telah mendapatkan 17,7 juta Euro. Mau tau kalau dirupiahkan? Sekitar 223,4 Milliar Rupiah!! Apabila Real Madrid memenangkan Liga Champions, mereka akan mendapatkan tambahan 9 juta euro atau kalau ditotalkan semua menjadi 26,7 juta Euro senilai 337 Milliar Rupiah!!

 

  • Barcelona

Keterangan struktur hadiah telah dijelaskan dalam bagian diatas. Namun, berapakah nominal yang didapatkan Barcelona dalam Liga Champions Eropa tahun ini sehingga mereka mampu menggaji pemain bintang seperti Lionel Messi? Dari fase grup, Barcelona mendapatkan 4 kemenangan, 1 kali hasil imbang, dan 1 kali kalah. Total Barcelona mendapatkan 10 Juta Euro dalam fase grup. Lolos sampai semifinal memberi mereka tambahan 10,5 juta Euro, sehingga total sudah meraih 20,5 juta Euro atau senilai 258,7 Milliar Rupiah. Kalau Lionel Messi mampu mengangkat Piala Liga Champions Eropa? Total 29,5 juta Euro atau senilai 372,3 Milliar Rupiah didapatkan oleh Barcelona!

 

  • Bayern Munich

Tidak ada tim yang lebih sedih dari Bayern Munich di Eropa ini. Menembus dua kali final Liga Champions Eropa dalam tiga tahun terakhir, tim kebanggaan Jerman ini selalu kalah. Tahun ini selain bertekad memenangkan Liga Champions, Munich juga berpotensi mendapatkan penghasilan besar. Hasil fase grup Bayern yang sempat dikejutkan oleh kekalahan dari tim gurem BATE Borisov masih menghasilkan 10 juta Euro dengan 4 kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Rekor Bayern Munich tahun ini hampir sama dengan Barcelona. Angka yang membuat Giuseppe Marotta (direktur klub Italia, Juventus) iri? Senilai 20,5 juta Euro saat ini dan berpotensi menjadi 29,5 juta Euro atau 372,3 Milliar Rupiah!

 

  • Borussia Dortmund

Meskipun disakiti oleh Bayern Munich di kompetisi domestik Jerman tahun ini, sang kuda hitam masih bisa tersenyum lebar dengan performa mereka di Liga Champions Eropa. Mereka membuat kejutan dengan menyingkirkan juara Inggris Manchester City serta juara Belanda Ajax Amsterdam dan bahkan membuat Real Madrid hanya finish runner-up di fase grup. Dengan 4 kemenangan dan 2 hasil imbang pada fase grup, Borussia Dortmund menjadi tim dengan penghasilan terbesar diantara semifinalis Liga Champions tahun ini, 10,4 juta Euro hanya dari fase grup. Sehingga sampai saat ini, keberhasilan mengalahkan Shaktar Donetsk dan Malaga di fase sebelumnya Dortmund telah menghasilkan 20,9 juta Euro dan berpotensi menghasilkan 29,9 juta Euro apabila dongeng mereka berlanjut hingga mengangkat Liga Champions Eropa tahun ini. Berapa nilainya? 377,4 Milliar Rupiah! Namun penghasilan mereka di Liga Champions tidak hanya berhenti di sana. Penampilan super dari Mario Gotze membuat Bayern Munich telah membayar uang 37 juta Euro untuk tampil bersama Munich tahun depan. Total prospek penghasilan Borussia Dortmund gara-gara Liga Champions? Segila 66,9 juta Euro atau 844 Milliar Rupiah!!

 

Nah siapapun tim yang anda dukung dalam Liga Champions nanti, mereka tetap akan mendapatkan penghasilan besar. Bagaimana menurut anda, Sobat Studentpreneur?