Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Ternyata, Entrepreneur Wanita Melampaui Pria Secara Global


Dunia entrepreneur terus berubah. Berdasarkan riset tahunan terbaru dari The Global Entrepreneurship Monitor (GEM), untuk pertama kalinya dalam 13 tahun, wanita tercatat berhasil menciptakan bisnis pada tingkat pertumbuhan yang mengungguli pria di tiga dari 59 negara yang disurvei, yakni Ghana, Nigeria, dan Thailand. Fakta apa yang bisa kita dapatkan dari sini?

 

Dorongan secara global bagi pemberdayaan pengusaha wanita.

Selain tren pertumbuhan jumlah entrepreneur wanita yang mengalahkan pria di sejumlah negara (Ghana, Nigeria, dan Thailand), produktifitas mereka juga mampu menyamai pria di sejumlah negara seperti Brazil, Uganda, Swiss dan Ekuador. Artinya secara global keberadaan wanita telah diakui di dunia entrepreneur. Hal ini merepresentasikan pertumbuhan entrepreneur wanita di negara-negara berkembang, di mana amandemen legislatif dan pengembangan kesempatan yang sama mulai membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan. Tren ini diprediksi akan terus bertumbuh.

Secara global, memang sudah ada beberapa upaya untuk memberdayakan perempuan baik sebagai pengusaha hingga dewan eksekutif perusahaan. Laporan terbaru dari Intel, World Pulse, dan PBB bahkan menunjukkan bahwa menggandakan akses web di kalangan perempuan bisa menambahkan antara $ 13 hingga $ 18 miliar PDB tahunan di 144 negara berkembang. Sebuah kolaborasi baru antara Coca – Cola dan International Finance Corp juga diprediksi akan mempengaruhi perubahan tersebut, dengan menyediakan $ 100 juta untuk memperbaiki kesenjangan penghasilan di Afrika dan negara berkembang lainnya.

Pebisnis-wanita

Dampak perubahan dan pemberdayaan perempuan.

Laporan GEM terbaru dan penelitian serupa menunjukkan bahwa negara-negara berkembang mulai mendapatkan keuntungan dari inisiatif tersebut, baik dari segi pemberdayaan perempuan dan distribusi kekayaan. Menurut International Finance Corporation, yang saat ini tengah menjalankan program Women in Business, kekuatan keuangan perempuan terus berkembang di seluruh dunia. Hal ini dilihat dari kenaikan proyeksi belanja konsumen wanita, yang mencapai $ 28 triliun pada 2014 dan secara signifikan mengurangi kesenjangan gender.

 

Munculnya kesetaraan global

Dorongan untuk pemberdayaan entrepreneur wanita membawa dampak yang signifikan terhadap ekonomi global, pebisnis wanita tidak kalah saing dengan rekan-rekan pria mereka, menciptakan pekerjaan tambahan, peluang dan pendapatan di negara-negara di seluruh dunia. Sementara jumlah entrepreneur wanita di Amerika Serikat telah meningkat sebesar 54% selama 15 tahun terakhir, penelitian ini menunjukkan bahwa tren pertumbuhan substansial ini akan direplikasi pula di sejumlah negara berkembang dan perbatasan di seluruh Afrika, Amerika Selatan dan Eropa Timur.

Sementara mungkin memang masih banyak kendala sosial yang harus diatasi pengusaha wanita jika mereka ingin mencapai kesetaraan dengan rekan-rekan pria mereka, perkembangan ini menunjukkan bahwa mereka berada di awal dari sebuah tren. Pertumbuhan entrepreneur wanita digadang-gadang akan menjadi tren global yang dapat berdampak menumbuhkan iklim keuangan yang lebih stabil dan berkelanjutan.

Nah Ladies, Anda bisa memajukan Indonesia, dengan berbisnis. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. Merasa artikel ini berguna? Bagikan untuk teman-teman Anda melalui tombol share di bawah ya. Karma counts! icon smile 5 Pengusaha Kaya yang Meraih Kesuksesan Semasa Sekolah studentpreneur entrepreneur startup  [Photo Credit: TechCrunch]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ibu Muda Ini Hasilkan Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Online

Perjuangan Gadis Cantik Merintis Bisnisnya

Mari Belajar Dari Kegagalan 11 Bisnis Ini

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+