Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Ternyata Jokowi Bukan Satu-Satunya Pengusaha yang Menjadi Presiden


Ternyata, Pengusaha yang Berhasil Menjadi Presiden Bukan Hanya Jokowi. Siapa Saja Entrepreneur Hebat yang Memimpin Negerinya?

Jokowi adalah sosok Presiden Republik Indonesia yang memiliki latar belakang seorang pengusaha. Namun, rupanya bukan hanya Jokowi saja, presiden yang memiliki latar belakang seorang pengusaha.

 

Abraham Lincoln

Siapapun pasti mengenal sosok Presiden Amerika Serikat ke 16, Abraham Lincoln. Sepak terjangnya untuk menghapus perbudakan di Amerika Serikat banyak mendapat sambutan positif meskipun tidak sedikit pihak-pihak yang menentang keinginannya tersebut. Namun, beliau memiliki sifat pantang menyerah untuk terus berusaha meskipun berkali-kali mengalami kegagalan.

Abraham Lincoln yang lahir pada 12 Februari 1809 ini pada awalnya merupakan seorang pengusaha. Namun sayang, bisnis yang didirikan oleh beliau pertama kali mengalami kegagalan sehingga gulung tikar sebelum meraup sukses. Bukan Abraham Lincoln jika langsung menyerah. Oleh karena itu, Abraham Lincoln pun kembali mendirikan bisnis yang sekali lagi juga mengalami kegagalan hingga bangkrut.

abraham-lincoln

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1841, Abraham Lincoln pada akhirnya menikahi Mary Todd yang merupakan pujaan hatinya. Setahun kemudian setelah menikah, beliau akhirnya mendirikan sebuah biro hukum bersama temannya yang bernama William H Herndon.

Melalui biro hukum yang didirikannya, beliau pun meraih kesuksesan. Usaha beliau inilah yang kemudian mengantarnya berhasil menjadi pengacara terkenal sesuai dengan keinginannya. Beliau dikenal sering memenangkan kasus yang membela kaum lemah dan kaum yang benar. Lambat laun, beliau menjadi pribadi yang sangat dinamis, cerdas serta sangat fasih berbicara berbeda dengan Lincoln yang dulu. Akhirnya, beliau pun terpilih menjadi seorang presiden.

 

Herbert Clark Hoover

Herbert Clark Hoover lahir di West Branch, Iowa, 10 Agustus 1874. Beliau adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-31 (1929-1933). Masa jabatan Hoover dihantui oleh krisis ekonomi yang mulai dari tahun 1929. Oleh karena itu, perkampungan-perkampungan miskin di Amerika disebut Hooverville (Kota Hoover).

Hoover adalah seorang anak yatim piatu dan dibesarkan pamannya yang dokter. Beliau mengumpulkan kekayaan sebagai seorang eksekutif perusahaan pertambangan. Selain itu, beliau juga mendapatkan gaji yang sangat besar selama 17 tahun dan memilki saham yang besar dalam beberapa perusahaan pertambangan. Bahkan, beliau juga memiliki “Hoover House” di Monterrey, California.

Karena banyaknya usaha yang dijalankan, Presiden Amerika Serikat ke-31 ini diduga memiliki kekayaan bersih hingga mencapai 75 juta USD (atau dikonversi sekitar Rp728 Milliar). Oleh karena itu, saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Hoover mendonasikan gajinya sebagai presiden untuk amal.

 

Thomas Jefferson

Thomas Jefferson lahir pada tanggal 13 April 1743 di Shadwell, Virginia dari pasangan Peter Jefferson yang seorang insinyur dan pengusaha tembakau dengan Jane Randolph. Ketika Thomas berumur 14 tahun, ayahnya meninggal, dan mewariskan tanah seluas 2.750 acre beserta para buruhnya.

Jefferson juga dikenal sebagai seorang petani yang memiliki minat di bidang inovasi mekanik, tanaman baru, kondisi tanah, kebun, dan teknik-teknik pertanian ilmiah. Dia juga mencoba untuk mencapai swasembada dengan gandum, sayuran, rami, jagung, babi, domba, unggas dan ternak untuk memberi makan dan pakaian keluarganya, budak dan karyawan. Jefferson juga seorang arsitek sukses yang membantu mempopulerkan gaya Neo – Palladian di Amerika Serikat. Selain itu, Jefferson juga seorang penulis yang produktif. Dia belajar Gaelic untuk menerjemahkan Ossian, dan dikirim ke James Macpherson.

Thomas Jefferson adalah Presiden ke-26 dengan kekayaan bersih $212 juta (sekitar Rp2,05 Trilliun). Kekayaan tersebut didapatnya dari warisan 3.000 hektare tanah dan puluhan pekerja dari ayahnya. Jefferson dikenal seorang yang pekerja keras dan mengumpulkan uang yang cukup besar dalam berbagai posisi politik sebelum menjadi presiden, tapi terbelit utang menjelang akhir hidupnya.

 

George H W Bush

George Herbert Walker Bush lahir di Milton, Massachusetts, Amerika Serikat, 12 Juni 1924. Media pun sering memanggilnya dengan nama Bush Senior untuk membedakannya dengan anaknya yang juga menjadi presiden Amerika Serikat. Bush Senior menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-41 untuk masa jabatan 1989-1993.

Sebelum menjadi seorang Presiden, Bush sempat menempuh kuliah di Yale university. Setelah lulus, Bush dan keluarganya pindah ke Texas untuk memulai karier bisnisnya. Koneksi ayahnya terbukti sangat berguna bagi dirinya dimana ia mendapatkan pekerjaan sebagai petugas penjualan di Dresser Industries, sebuah anak perusahaan dari Brown Brothers Harriman.

Bush memulai perusahaan Bush-Overby Oil Development pada tahun 1951 dan co-fouded Zapata Petroleum Corporation dua tahun kemudian. Bush lantas menjadi Presiden perusahaan pada tahun 1954 dimana perusahaan berfokus pada pengecoran minyak di lepas pantai. Pada tahun 1958, perusahaan tersebut memisahkan diri dari perusahaan indukunya dan Bush tetap memimpin perusahaan hingga 1964 dimana saat itu ambisinya telah berubah menjadi bisnis ke politik. Kesuksesannya tersebut lantas mengantarkannya menjadi seorang Presiden Amerika Serikat.

 

Jimmy Carter

Sosok Presiden Amerika Serikat ke-39 Jimmy Carter yang memiliki nama lengkap James Earl Carter Jr. ini lahir di Plains, Georgia, 1 Oktober 1924. Sebelum menjabat sebagai seorang presiden, Carter sempat dua periode menjabat sebagai Senat Georgia dan Gubernur Georgia. Jimmy Carter hanyalah sosok seorang presiden sederhana dengan apa adanya.

Sebelum menjadi seorang presiden, Jimmy Carter pernah meniti karir di dunia militer. Namun, Jimmy Carter mendapati kenyataan bahwa ayah tercintanya meninggal dunia. Kondisi tersebut lantas membuatnya kembali ke kampung halaman dan menjadikannya seorang petani kacang. Hal tersebut dilakukannya semata-mata untuk melanjutkan bisnis yang telah dirintis oleh keluarganya dan juga penjualan pupuk. Kesan sederhana yang tertangkap dari sosok Jimmy Carter akhirnya mengantarkan dirinya menjadi seorang Presiden Amerika Serikat.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Prayitno]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kenapa Jokowi Layak Menjadi Seorang Presiden

Belajar Bisnis Dari Sosok Jokowi

Cinta Bos Lion Air Pernah Ditolak Karena Tidak Punya Sepatu

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+