Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tiga Tips Social Media Marketing Inovatif


Untuk Sobat Studentpreneur yang mempunyai startup, tips ini akan sangat berguna bagi Anda agar bisa bersaing dengan brand-brand besar, setidaknya dalam kancah social media. Kita sudah melihat banyak brand lokal menjadi besar berkat social media, contoh yang Saya sukai adalah Holicow Steak dan Maicih. Dengan promosi social media, mereka mampu menumbuhkan pelanggan dan bersaing dengan brand lain yang lebih besar. Studentpreneur sendiri juga tumbuh berkat social media. Tim Studentpreneur telah menyusun tiga tips sederhana untuk meningkatkan kemungkinan berhasil Anda di social media.

 

Menggunakan Fitur Search di Twitter Secara Maksimal

Percaya atau tidak, fitur search Twitter termasuk salah satu search engine yang paling sering digunakan di internet. Banyak perusahaan yang tidak menggunakan fitur search di Twitter. Padahal, kita bisa mengatur opsi berdasarkan lokasi. Singkat kata, Anda bisa search orang-orang yang berada di lokasi yang Anda inginkan dan sedang melakukan tweet yang berhubungan dengan bisnis Anda. Follow dan berinteraksilah dengan orang-orang tersebut. Lebih efektif, dan lebih tepat sasaran daripada menargetkan terlalu banyak orang tanpa mengetahui minat mereka kan? Contoh menarik yang menggunakan strategi ini adalah Blenz Coffee di Vancouver ketika Olimpiade Musim Dingin 2010. Blenz mencari orang-orang yang mengirim tweet dari lokasi sekitar tokonya tentang kopi, latte, Starbucks, dan hal-hal yang berkaitan dengan kopi, serta memberi tahu ada gift card khusus di toko tersebut. Hasilnya, menurut The Global Language Monitor, Blenz Coffee termasuk salah satu marketer terbaik yang memanfaatkan momen Olimpiade Musim Dingin 2010.

 

Mengadakan Meetup Untuk Follower

Untuk strategi social media satu ini, Studentpreneur jagonya. Kami sering mengadakan event, minimal sebulan sekali, untuk menyapa pembaca dan follower social media kami. Tiap meetup membahas topik yang berbeda, memberikan keuntungan lebih bagi orang-orang yang memfollow social media. Ketika event, seringkali follower kami mengajak teman-temannya, yang akhirnya juga menjadi pembaca dan follower Studentpreneur. Contoh lain yang juga bagus dari Indonesia adalah Marketeers dari MarkPlus yang sering mengadakan acara meetup untuk followernya. Acara meetup akan mendekatkan brand dengan follower dan pelanggannya. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, Anda bisa mengatur meetup dengan biaya yang sangat rendah. Beberapa brand malah menggunakan kesempatan meetup ini untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan tiket eventnya.

 

screening at unair

Meetup Studentpreneur Selalu Ramai

 

Promosi FourSquare

Sekitar tahun 2010 atau 2011, salah satu brand dari Bandung, Venetian Bar, menggunakan FourSquare sebagai salah satu sarana promosinya. Kalau Anda merupakan mayor di Venetian Bar, maka Anda akan mendapatkan diskon khusus apabila membeli minuman di sana. Akhirnya, banyak orang yang tiap ke Venetian Bar berlomba-lomba untuk check-in di FourSquare, membuat teman-teman mereka penasaran tentang apa sih Venetian Bar itu, dan malah akhirnya mengunjungi Venetian juga. Apabila kita menganalisanya, biaya diskon yang dikeluarkan oleh Venetian Bar hanya untuk satu orang, tapi membuat ratusan orang check-in FourSquare dan mendatangkan ratusan orang baru lainnya. Sangat luar biasa kan?

 

Sobat Studentpreneur, apakah ada tips inovatif social media yang juga digunakan di perusahaan Anda? Share di comment ya!

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter