Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Event Tips

Tips Bisnis dari 2 Entrepreneur Sukses yang Mantan Karyawan


Dua Orang Mantan Karyawan Ini Kini Telah Menjadi Pebisnis Sukses.

Studentpreneur Hangout Surabaya bulan Juni kemarin diselenggarakan di NEA Cafe, mulai pukul 12.30 siang. Satu hal yang spesial dari sini adalah kami ingin mengajak Anda melihat realita seputar bagaimana seorang karyawan bisa menjadi bos bagi diri mereka sendiri. Maka, pada hari itu Studentpreneur mengundang Yohan Suryanto, pemilik The Addict Indonesia dan Erik Subiantoro, direktur PT. Prosol Indonesia. Keduanya mengawali perjalanan entrepreneur dari titik yang sama, yakni sebagai karyawan.

 

Kecintaan terhadap dunia yang Anda geluti.

The Addict adalah Apple Authorized Reseller. Yohan Suryanto berbagi cerita bagaimana memulai bisnis sampai berani menggandeng Apple sebagai reseller resminya. Rupanya, Yohan bekerja sebagai software supervisor selama 6 tahun. Kecintaannya terhadap dunia komputer lah yang mengantarkannya pada profesi ini, dan kecintaan ini pulalah yang mengantarkannya pada inisiatif untuk mendirikan bisnisnya sendiri.

Hangout-Malang-Juni14

Kondisi bukan halangan.

Kondisi Anda saat ini harusnya jadi motivasi untuk mengubah hidup Anda. Prinsip inilah yang dipegang teguh oleh Erik Subiantoro. Mengaku ‘lahir dari keluarga termiskin’, Erik mengawali karirnya sebagai karyawan di berbagai profesi: supir, mandor dan admin. Bangkrut total, dropout kuliah di semester 5, Erik punya segala alasan untuk menyerah. Akan tetapi justru sebaliknya. Berawal dari garasi, ia menjajaki berbagai bisnis, mulai dari EO, bimbel, hingga makanan ringan. Titik baliknya datang ketika di awal tahun 2012, ia sukses di bisnis properti, distribusi elektronik dan bangunan. Melalui jatuh bangun, di akhir tahun 2012, Erik berhasil membukukan 1 milyar pertamanya.

 

Menempatkan diri Anda pada posisi terjepit.

Kepepet. Begitulah kondisi yang memacu Yohan dan Erik untuk memperjuangkan kesuksesan mereka. Kata Yohan, kekuatan kreativitas datangnya dari kondisi dimana Anda terjepit. Sebagaimana ungkapan terkenal Bob Sadino, “Orang bodoh yang tidak dapat kerja akan mendirikan bisnis sendiri. Ketika sukses, mereka mempekerjakan orang pintar”. Maka, siapapun bisa menjadi entrepreneur. Asal Anda tahu, apa yang harus Anda lakukan setelah dalam kondisi kepepet.

Sobat Studentpreneur, sampai jumpa di event Studentpreneur Hangout berikutnya. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Gnuckx]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jangan Takut Hutang!

Orang Terkaya ke-3 Dunia Dulunya Anak Seorang Buruh Miskin

10 Bisnis Aneh yang Membuat Beberapa Orang Menjadi Super Kaya

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+