Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Mengangkat Karyawan Pertama – Bagian 1


Ketika memulai bisnis tanpa modal besar, Anda adalah CEO dari bisnis anda, Chief Everything Officer. Semua hal Anda kerjakan sendiri. Sampai saatnya anda berhasil mengksekusi ide bisnis Anda, semuanya berjalan dengan baik. Pesanan mulai berdatangan, dan Anda sudah tidak bisa mengurusnya sendiri. Tiba waktunya untuk mulai mengangkat karyawan. Ini adalah fase yang sangat penting bagi bisnis Anda. Seringkali bisnis kecil atau startup gagal karena salah dalam menghadapi fase ini. Sobat Studentpreneur, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab ketika akan mencari karyawan pertama.

 

14hire1

 

Apakah Anda benar-benar membutuhkan karyawan tersebut?

Pertanyaan ini jawabannya harus iya. Ciri-cirinya adalah ketika Anda sudah tidak bisa lagi menjadi Chief Everything Officer (mengerjakan semuanya sendiri), dan Anda merasa ada beberapa tugas yang sebenarnya bisa didelegasikan ke orang lain. Coba analisa, apabila dengan mendelegasikan tugas tersebut dan Anda bisa menjadi lebih produktif di bidang lain, dan calon karyawan yang Anda akan delegasikan tersebut bisa melakukan sebaik Anda, maka itu adalah Anda memang butuh untuk mengangkat karyawan pertama Anda

 

Apakah tugas untuk calon karyawan baru sudah jelas?

Ketika pertanyaan pertama Anda jawab iya, Anda akan tahu tugas apa yang bisa didelegasikan untuk karyawan pertama Anda. Detailkan apa yang harus dia lakukan dalam bentuk job description serta buat SOP (standard operating procedure) dan KPI (key performance indicator) yang jelas untuk calon karyawan pertama ini. Dengan adanya job description yang jelas, Anda juga akan bisa mengenali kekuatan calon karyawan pertama apakah cocok atau tidak.

 

Bisakah Anda menemukan karyawan pertama dari jaringan Anda?

Karyawan pertama adalah sosok penting dalam bisnis Anda. Kalau bisa, jangan menjadikan orang yang benar-benar asing sebagai karyawan pertama. Lebih baik, Anda mencari dulu dari jaringan Anda, entah itu melewati facebook atau LinkedIn. Apabila jaringan Anda tidak bisa, coba gunakan Rekomendasi dari teman. Setidaknya, teman Anda akan berkata jujur mengenai apakah karyawan tersebut benar-benar bisa bekerja atau tidak.

 

Apakah kemampuan karyawan pertama sama dengan Anda?

Untuk pertanyaan ini, lebih baik jawabannya tidak. Kalau Anda mengangkat karyawan pertama yang kemampuannya sama dengan Anda, maka perusahaan tidak akan berkembang. Cobalah angkat orang yang sangat kuat dalam bidang yang menjadi kelemahan Anda. Dengan ini, secara keseluruhan perusahaan akan berkembang dengan cepat.

 

Itu adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum mengangkat karyawan Sobat Studentpreneur. Masih ada beberapa pertanyaan lagi, tunggu bagian keduanya besok!

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+