Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Mengelola Keuangan


Memiliki bisnis yang sudah berjalan dengan baik akan lebih baik apabila diimbangi dengan sistem pengelolaan keuangan yang baik pula. Pengelolaan keuangan yang baik membutuhkan skill yang mumpuni agar ditengah perjalanan bisnis apabila kita melakukan ekspansi yang besar tidak terlalu kesusahan. Kita juga harus pandai mengatur keuangan apabila bisnis kita masih kecil dan merangkak.

hourglass_wordpress
Berikut ini tips dari Tope Ganiyah Fajingbesi, penulis buku “What Color is Your Money? Your Personalized Roadmap to Business Success” dalam pengelolaan keuangannya:

 
 
1. Pahami Hubungan Antara Uang dan Anda

Menganalisa bagaimana perilaku dan karakter Anda untuk mengerti apa kelebihan dan kelemahan ketika mengelola keuangan. Orang kaya akan semakin kaya dengan bersikap sederhana. Kebalikannya, banyak orang miskin yang semakin miskin karena bersikap layaknya orang kaya. Anda harus mengerti bagaimana memaksimalkan kelebihan Anda dan bagaimana mengatasi kekurangan Anda.

2. Pahami Bagaimana Pasangan Anda Mengelola Uang
Hubungan Anda dengan pasangan memiliki pengaruh besar dengan keadaan finansial Anda, baik sukses maupun tidak. Jika pasangan mengelola uang dengan baik, pelajarilah ilmunya. Jika ia tidak baik dalam mengelola uang, maka ajarilah cara yang benar. Seringkali uang menjadi salah satu penyebab konflik dalam sebuah hubungan.

3. Mempunyai Tujuan Yang Jelas
Anda tidak mungkin masuk ke dalam mobil tanpa tujuan ingin pergi ke mana. Anda juga tidak mungkin pergi ke tempat yang Anda tidak familiar tanpa mengetahui petunjuk menuju tempat tersebut. Anda pun harus seperti itu dalam berbisnis. Anda harus mengetahui ke mana uang Anda akan menuju. Alokasikan dana-dana Anda dengan tepat sesuai anggaran yang telah ditentukan.

4. Jangan Salah Cara Berhemat
Ketika keuangan bisnis Anda mulai menipis, Anda tetap harus mengeluarkan uang demi operasional bisnis Anda. Biasanya muncul pikiran bahwa dengan membeli eceran akan dapat menekan pengeluaran operasional Anda. Pemikiran tersebut salah! Dengan membeli eceran, maka harga yang harus Anda keluarkan semakin bertambah. Pikirkan selisih harga yang dapat Anda kurangi dengan membeli secara grosir. Hindari juga pembelian secara impulsif yang dapat merusak neraca bisnis Anda.

5. Selalu Menghargai Diri Anda
Anda sudah bekerja dengan keras, jadi Anda patut mendapatkan apa yang perlu Anda dapatkan. Bukan berarti Anda harus selalu bersenang-senang. Dengan menabung, maka Anda menghargai diri Anda. Dengan menabung, maka Anda dapat menyeimbangkan pengeluaran pribadi Anda dengan rencana masa depan Anda. Tabungan ini juga berguna sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu bisnis Anda membutuhkan suntikan dana segar untuk kembali beroperasi.

 

Nah Sobat Studentpreneur, sudahkah anda mengelola keuangan dengan benar?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter