Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Merekrut Karyawan yang Tepat Untuk Perusahaan


Tidak semua orang bisa bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda harus dapat merekrut karyawan yang tepat untuk bisnis Anda.

Ketika bisnis Anda sudah mulai lancar dan berkembang, merekrut karyawan adalah hal yang wajib. Dalam menrekrut karyawan, akan ada 2 hal yang pasti Anda mendapatkan karyawan terbaik atau bahkan mendapatkan yang menyebalkan. Tetapi, sebenarnya ada cara merekrut karyawan yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan karyawan yang Anda ingingkan. Silahkan simak cara tersebut dibawah ini.

 

Pekerjakan orang yang bisa multifungsi

Anda harus bisa memperkejakan orang yang memang Anda perlukan. Yang menjadi contoh adalah ketika Anda merekrut karyawan untuk pertama kalinya. Anda benar-benar harus menyamakan visi tentang bagaimana bisnis Anda kedepannya atau bagaimana nanitnya bisnis Anda akan berjalan.  Kenapa Anda harus memilih orang yang bisa multifungsi, karena bisnis Anda akan berkembang, semakin besar bisnis Anda nantinya, semakin banyak hal yang bisa fungsikan.

Jika Anda merekrut orang dengan keahlihan spesialis, memang tidak ada salahnya. Anda bisa fokus dalam hal yang memang menjadi keahlihan orang tersebut. Tetapi ingat, orang dengan keahlihan beragam lebih bagus daripada orang yang mempunyai keahlihan khusus, dalam mengembangkan bisnis tentunya.

 

Perhatikan kontrak

Ini terlihat sangat sepele, walaupun bisnis Anda kecil, usahakan selalu memperhatikan kontrak. Anda harus mempunyai perjanjian hitam diatas putih. Anda harus memperhitungkan bagaimana asuransi, pajak dan lain-lain. Lalu yang terpenting adalah, Anda harus membayar gaji tepat waktu.

 

Cek sosial media mereka

Anda pasti berpikir kenapa harus melihat sosial media mereka. Khususnya jika Anda sebagai CEO, apakah benar-benar penting melihat Twitter, Instagram atau Facebook calon karyawan mereka. Tetapi kenyataannya, banyak sekali CEO atau HRD di dunia yang memanfaatkan sosial media untuk melihat kepribadian calon karyawan.

Walaupun sekarang sosial media banyak sekali pencitraan atau itu bukan diri mereka sendiri, Anda bisa melihat cara mereka berinteraksi atau sampai bagaimana calon karyawan Anda menshare foto. Ingat, sosial media adalah cerminan dari orang itu sendiri.

 

Pekerjakan orang yang mengerti bisnis Anda

Anda adalah seseorang yang mempunyai bisnis, walaupun bisnis Anda masih kecil tetapi Anda mempunyai visi yang besar. Dan calon karyawan Anda harus mengerti, bisnis Anda bukan perusahaan yang besar dan sudah mapan. Ini sangat berguna agar karyawan Anda tidak sekedar bekerja, tetapi juga membantu memperbesar bisnis Anda. Tetapi banyak calon karyawan yang memang ingin bekerja untuk mengisi waktu luang mereka, pekerjaan selesai dan pulang. Pilih orang yang benar mengerti dan mampu bekerja bersama-sama.

merekrut-karyawan

Cintai karyawan Anda

Ketika sudah mempertimbangkan dengan matang calon karyawan Anda, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah cintai karyawan Anda, cintai tim Anda. Jika karyawan Anda tidak bahagia, entah itu karena lingkungan atau bahkan tidak bahagia karena Anda, Anda perlu mengambil sikap atau belajar lagi tentang kepemimpinan.

 

Sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana cara memilih karyawan yang tepat. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Alex]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri BlackBerry Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Girls Power: Ken Iswari Buktikan Wanita Juga Bisa Sukses di Dunia Teknologi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+