Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Riset Kata Kunci Google dengan Memanfaatkan Keyword Planner


Google merupakan search engine paling populer di dunia saat ini. Popularitas mesin pencari Google masih lebih tinggi dibandingkan search engine lainnya seperti Bing ataupun Yahoo. Bahkan tingkat penggunaan Google dengan dua search engine itu mempunyai gap yang sangat jauh.

Dengan kondisi seperti ini, tidak heran kalau para pengguna internet, baik di Indonesia ataupun dunia menggunakan Google sebagai patokan. Termasuk dalam menggunakannya untuk mencari kata kunci yang tepat. Lalu bagaimana tips riset kata kunci Google yang bisa dimanfaatkan dengan baik?

Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk mencari sebuah kata kunci. Termasuk adalah dengan menggunakan tool yang dimiliki oleh Google. Salah satu tool milik Google yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh sebuah kata kunci adalah Keyword Planner.

Terdapat beberapa tips cara riset keyword Google yang bisa dilakukan dengan menggunakan Keyword Planner. Cara-cara tersebut pun tidak terlalu sulit. Jadi, jangan khawatir meskipun Anda newbie pada hal-hal terkait internet, bakal bisa mempelajarinya tanpa kesulitan.

 

1. Pertama masuk ke halaman Adwords.google.com. Di sini Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google Anda.

2. Selanjutnya, Anda akan mendapati empat tab yang ada pada bagian atas. Pilih pada opsi Tools, lalu ada pilihan Keyword Planner.

3. Di sini, Anda akan melihat empat pilihan yang bisa digunakan. Pilih pada bagian teratas, yakni ‘Search for new keyword and ad group ideas’.

keyword-planner-1

Sebelum melakukan pencarian sebuah kata kunci, Anda harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu. Di antaranya adalah pada bagian Targeting. Pastikan yang menjadi target para pengguna internet di Indonesia dan menggunakan mesin pencari Google.com.

Selanjutnya, pada bagian Keyword Option, Anda akan mendapati empat pilihan yang secara default dalam kondisi off. Di sini, Anda bisa meng-‘on’kan opsi pertama, yakni ‘Only show ideas closely related to my search terms’.

keyword-planner-2

keyword-planner-3

Setelah semua hal tersebut dilakukan, maka kini Anda pun tinggal mencari kata kunci yang diinginkan. Dalam contoh pada gambar, kita akan mencari tentang kata kunci ‘entrepreneur’ dan tekan tombol ‘get ideas’.

Setelah itu secara default Anda akan mendapati hasil dalam tab Ad group ideas. Di sini, Anda bisa melihat keyword-keyword yang berhubungan dengan kata kunci yang tengah Anda cari. Secara default, hasil pencarian akan muncul secara berkelompok dan masuk dalam tab ‘Ad group ideas’. Anda pun bisa masuk ke ‘Keyword ideas’ untuk melihat kondisi kata kunci satu per satu.

Lalu bagaimana tips riset kata kunci Google yang terbaik? Perhatikan pada bagian ‘Average monthly searches’ dan ‘Competition’. Di situ, Anda tinggal mencari kata kunci mantap yang banyak dicari orang namun masih mempunyai tingkat kompetisi yang rendah. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Hal Sulit yang Harus Dilakukan Apabila Ingin Sukses

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Bisnis Rumahan Yang Mungkin Cocok Untuk Anda

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook